Jaga Keutuhan NKRI di Wilayah Tapal Batas, Polres Belu Gelar Apel Kebangsaan

Jaga Keutuhan NKRI di Wilayah Tapal Batas, Polres Belu Gelar Apel Kebangsaan

Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah tapal batas, Kepolisian Resor Belu menggelar apel kebangsaan di lapangan Mapolres, senin (26/4/2021).

Apel kebangsaaan pagi tadi pukul 08.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si dan Dandim 1605 Belu, Letkol Inf.Wiji Untono dengan Perwira Upacara, Kasubbag Dal Ops, Iptu Profirus Esteves. serta Komandan Apel, KA SPKT Polres Belu, Ipda Gasper Manit.

Dalam sambutannya, Kapolres Belu mengungkapkan, apel kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menguatkan rasa NKRI sekaligus mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa kebhinekaan yang ada di indonesia adalah kekuatan utama untuk menjaga kedaulatan negara.

"Sebagaimana kita ketahui, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terkenal dengan kemajemukannya yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, budaya dan bahasa yang hidup bersama dalam NKRI yang dibungkus dengan semangat Bhineka Tunggal Ika" kata Kapolres Belu

“Oleh karenanya, melalui momentum apel kebangsaan ini, kami mengajak kita semua agar terus bekerja sama untuk merajut kemajemukan  dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri, mencegah dan menghindari permusuhan,  pertikaian dan  perpecahan, agar kerukunan tetap terjaga  demi terwujudnya kesejahteraan yang merata di seluruh negeri, khususnya di kabupaten Belu kita yang tercinta"ajak Kapolres Belu.

Apel yang dikemas dalam rangka Pencapaian 100 hari program Kapolri ini, juga dirangkai dengan Doa Bersama dalam rangka Mendoakan Seluruh ABK KRI Nanggala 402 yang telah gugur saat melaksanakan tugas patroli di perairan selat Bali.

Apel ini dihadiri Dansatgas Pamtas RI-RDTL,  Danyon Raider Sus 744/SYB, Waka Polres Belu, Kasubdenpom IX/1-3 Atambua,  Pasi Ops Kodim 1605 Belu, para Kabag, Kasat dan para Kapolsek jajaran Polres Belu, Kasat Pol PP dan perwakilan Kajari Atambua.

Tamu undangan lainnya yang turut hadiri pagi tadi antara lain Ketua MUI Kabupaten Belu, Pendeta Jemaat Polycarpus,  Tokoh agama Hindu serta Anggota DPRD Belu Fraksi Gerindra, Marthen Naibuti

Sementara peserta apel terdiri dari personil Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Belu,  Sat Pol PP dan personil Senkom Mitra Polri.