Gunakan Sepeda Motor, Kapolres Belu Pimpin Patroli Sisir Perkotaan Hingga Pantau Pengamanan Pleno PPK

Gunakan Sepeda Motor, Kapolres Belu Pimpin Patroli Sisir Perkotaan Hingga Pantau Pengamanan Pleno PPK

Sebagai langkah cipta kondisi pasca pemungutan suara pemilihan umum 2024, Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K menggelar patroli dialogis di wilayah kabupaten Belu, minggu (18/02/2024).

Menggunakan sepeda motor, Kapolres Belu bergerak menyisir wilayah kota Atambua dengan melintasi kawasan perkantoran, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, kantor penyelenggara Pemilu hingga menyisir wilayah kecamatan Atambua Barat.

Kapolres Belu mengatakan, patroli dialogis tersebut di gelar sebagai langkah cipta kondisi dalam memberikan jaminan rasa aman serta memastikan situasi Atambua dan sekitarnya dalam keadaan kondusif esudah pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024.

“Patroli ini sifatnya dialogis, intinya untuk memberikan jaminan rasa aman dan memastikan situasi Atambua dan sekitarnya dalam keadaan kondusif. Ini sudah rutin saya lakukan selama masa kampanye maupun pencoblosan kemarint” kata Kapolres Belu. 

"Dan hasil pengamatan Saya dilapangan, masyarakat baik yang dikota maupun pedesaan beraktivitas seperti biasa baik itu di pasar, perkantoran dan tempat lainnya. Situasi secara umum aman terkendali"pungkas Kapolres Belu.

Selain melaksanakan patroli, Kapolres Belu juga memantau pelaksanaan pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di PPK kecamatan Atambua Barat.

Di tempat berlangsungnya pleno PPK hari pertama ini, orang nomor satu di Polres Belu ini mengimbau personil pengamanan supaya tetap semangat, menjaga kekompakan dan bekerja secara maksimal sehingga pelaksanaan pleno dapat berjalan dengan baik dan aman.

"Saya minta rekan-rekan semangatnya jangan kendor. Tetap fokus dan selain yang berkompeten, Saya minta rekan-rekan tidak sembarangan menginjinkan masyarakat masuk ke dalam ruangan pleno". Ini adalah amanat negara yang diemban ke Kita jadi jangan sampai rekan-rekan lengah menjaga rapat pleno ini dan tidak ada yang boleh pulang sebelum pleno selesai"imbau Kapolres Belu.

"Dan secara ontime melaporkan setiap perkembangan terjadi. Kalau ada kejadian, segera ambil tindakan sesuai prosedur supaya tidak berkembang menjadi besar. Semua ini Kita lakukan semata-mata menjamin situasi yang kondusif dan jauh dari potensi kecurangan"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan KPUD kabupaten Belu, hari ini minggu 18 februari 2024, anggota kepolisian melaksanakan pengamanan di dua PPK (kecamatan) antara lain kecamatan Atambua Barat dan Lamaknen Selatan.

Pelaksanaan pleno PPK di wilayah Atambua Barat di gelar di aula kantor kecamatan Atambua Barat., sedangkan di wilayah kecamatan Lamaknen Selatan, rapat pleno tingkat PPK di gelar di Aula Kantor Kecamatan Lamaknen Selatan

Kapolres Belu Bersama Kabag Ops dan Komisioner Bawaslu Belu saat memantau pelaksanaan Pleno di PPK Atambua Barat