Dukung Program Polri Penanaman 10 juta Pohon, Polres Belu Gandeng Masyarakat Gelar Aksi Tanam Pohon Lestarikan Lingkungan

Dukung Program Polri Penanaman 10 juta Pohon, Polres Belu Gandeng Masyarakat Gelar Aksi Tanam Pohon Lestarikan Lingkungan
Polsek Lasiolat bersama masyarakat menanam anakan jambu air di dusun Beikoti, Desa Fatulotu, Kecamatan Lasiolat , Belu

Dalam rangka mendukung program penanaman serentak 10 juta pohon oleh Polri dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Polres Belu bersama tujuh Polsek Jajaran serentak menanam ratusan anakan pohon di kompleks kantor, asrama dan pinggir sungai atau kali, rabu (15/11/2023).

Adapun 7 Polsek jajaran yang ikut melakukan penanaman pohon antara lain Polsek Tasifeto Barat, Tasifeto Timur, Kakuluk Mesak, Lasiolat, Lamaknen, Raimanuk dan Polsek Raihat.

Dari laporan yang dihimpun Humas, kegiatan penanaman pohon yang melibatkan berbagai elemen masyarakat dilakukan di sejumlah tempat antara lain di depan Mako, kompleks asrama, pinggir kali dan juga kaki bukit.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian institusi kepolisian RI khususnya polres Belu untuk menjaga kelestarian alam serta meminimalisir dampak bencana banjir dan longsor.

"Sesuai dengan program penanaman serentak 10 juta pohon oleh Polri dan Kemenko PMK, hari ini kami bersama polsek jajaran serentak melaksanakan penanaman pohon. Adapun jenis anakan yang kita tanam di sejumlah lokasi antara lain Mangga, Mahoni, jeruk, jambu air, nangka, mahoni hingga Anakan pohon angsono" ungkap Kapolres Belu.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Polres Belu ini berharap anggota mau menjaga dengan baik, agar anakan pohon yang ditanam bisa tumbuh subur sehingga dapat membawa manfaat untuk anak cucu di masa mendatang.

“Saya imbau anggota dan juga masyarakat agar tidak dibiarkan begitu saja tanamannya setelah ditanam, tapi dirawat dan dijaga pertumbuhannya"kata Kapolres Belu.

"Kalau tumbuh subur, banyak manfaat akan Kita petik. Selain sebagai penyuplai oksigen, tanaman ini dapat melindungi Kita dari bahaya banjir, apalagi Polres ini dekat sekali dengan Kali yang kabarnya sering terjadi banjir kalau intensitas hujannya tinggi"tutup Kapolres Belu.