Cegah Kejahatan dan Premanisme, Polres Belu Gelar Operasi Bina Kusuma Turangga 2023

Cegah Kejahatan dan Premanisme, Polres Belu Gelar Operasi Bina Kusuma Turangga 2023

Dalam rangka mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kenakalan remaja dan premanisme, Kepolisian Resor Belu selama 14 hari kedepan bakal menggelar operasi Bina Kusuma Turangga 2023, yang dimulai dari tanggal 23 mei s/d 5 juni 2023.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Polres Belu menggelar latihan pra operasi (lat pra ops) Bina Kusuma yang berlangsung di aula Wira Satya lantai 2, senin (22/5/2023).

Saat membuka kegiatan pagi tadi pukul 09.00 wita, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K melalui Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP mengatakan, tujuan pelaksanaan Latihan Pra Operasi yaitu sebagai penyamaan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Untuk itu, Wakapolres Belu yang didampingi Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, meminta kepada para Kasatgas dan seluruh anggota yang terlibat dalam operasi agar melaksanakan operasi ini secara baik dan bertanggung jawab dengan mengedepankan upaya pencegahan serta preemtif (imbauan) guna menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif.

"Tujuan pelaksanaan Bina Kusuma adalah bagaimana kita melakukan pencegahan terhadap premanisme dan kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat yakni dengan cara melakukan pembinaan terhadap kelompok, komunitas atau bagian dari masyarakat yang cenderung melakukan kejahatan"ungkap Wakapolres Belu.

"Jadi dengan adanya operasi bina kusuma ini kita harapkan kasus kejahatan menurun bukan melonjak, Kalau menurun berarti kita berhasil, dimana outputnya adalah kita mencegah segala bentuk kenakalan remaja dan tindakan premanisme. Selama 14 hari kedepan nanti, Kita gencarkan imbaua di sekolah-sekolah, pasar, tempat hiburan dan tempat lainnya guna mengajak masyarakat untuk menjauhi segala bentuk penyakit masyarakat. Nanti Pak Kabag Ops silahkan diatur untuk pelaksanaan operasinya serta cara bertindak anggota dilapangan"lanjut Wakapolres Belu.

Usai dibuka Wakapolres Belu, kegiatan latihan pra operasi dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, yang menyampaikan tentang rencana operasi dan peran dari tiap-tiap satgas operasi.

Latihan pra operasi juga diisi dengan paparan dari Instruktur Latpra Ops Bina Kusuma dalam hal ini disampaikan oleh Kanit 1 Sat Intelkam, IPDA Yusran dan Kaur Bin Ops Sat Binmas, IPDA Gaspar.

Hadir dalam kegiatan Laptpra Operasi pagi tadi antara lain, Kasubbag Kerma Bag Ops, Kasubbag Dal Ops, Kasi Propam serta seluruh personel yang terlibat dalam Sprin Latpra Ops Bina Kusuma Turangga 2023.