Semarak Hari Bhayangkara ke 75, Kapolres Belu Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Belu dan Brimob

Semarak Hari Bhayangkara ke 75, Kapolres Belu Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Belu dan Brimob

Dalam suasana semarak hari ulang tahun Bhayangkara ke 75, puluhan personil Polres Belu dan anggota Subden 3 Den A Pelopor Belu, mendapat kado manis berupa kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya Upacara pelantikan kenaikan pangkat Bintara dan Tamtama Polri, di halaman Mapolres, jumat (2/7/2021) pukul 08.00 wita.

Upacara yang digelar masih dalam suasana pandemi covid-19 ini, dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si dengan Komandan Upacara, Ka.SPKT Polres Belu, IPDA Gaspar Manit. 

Dalam sambutannya pagi tadi, Kapolres Belu mengucapkan selamat kepada personil Polres Belu dan Brimob, yang telah mendapatkan hadiah istimewa berupa kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Menurutnya, kenaikan pangkat adalah salah satu bentuk penghargaan atau reward pimpinan terhadap hak personel di lingkungan Polri dengan melihat kondisi perilaku, prestasi kerja, integritas dan dedikasi yang tinggi terhadap organisasi.

"Yang pertama ucapan selamat kepada rekan-rekan personil Polres dan Brimob, yang telah mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Ini merupakan anugerah dan rejeki yang luar biasa karena tentunya kenaikan pangkat ini melalui suatu proses yang panjang" kata Kapolres Belu.

"Pada waktu tahun kenaikannya, maka dilihat dari penilaian kinerja, perilaku dan hal-hal yang lain, proses pengusulan dan wanjak oleh Polda. Kita usulkan dan dari Polda yang menentukan apakah layak atau tidaknya rekan-rekan mendapat kenaikan pangkat"lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam arahannya, Kapolres Belu berharap, dengan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi ini, bisa membawa berkah tersendiri untuk institusi dan seluruh personil itu sendiri beserta keluarga, dalam meningkatkan kemampuan di bidang tugasnya masing-masing.

"Mudah- mudahan dengan kenaikan pangkat ini, rekan-rekan bisa meningkatkan kemampuan, kinerja, disiplin, dan merubah perilaku-perilaku yang mungkin sebelumnya kurang baik perlu ditingkatkan. Kurangi pelanggaran-pelanggaran yang mungkin saat ini belum ketahuan oleh kita semua. Marilah kita merubah diri, berperilaku anggota polisi yang baik, mengikuti aturan yang ada, etika yang ada dan peraturan sosial di masyarakat" ajak Kapolres Belu.

" Harapan saya kedepan seluruhnya, tdiak hanya yang naik pangkat, mari kita meningkatkan kemampuan karena belajar tidak mengenal waktu, sampai akhir hayat kita terus belajar untuk memahami aturan-aturan ataupun kehidupan di dunia maupun sampai di akherat nanti. Tingkatkan kemampuan secara ilmu pengetahuan, perilaku sosial dan tingkatkan ibadah kepada Tuhan"pungkas Kapolres Belu.

Selepas rangkaian kegiatan upacara, mantan Kapolres Sumba Barat ini mengungkapan, upacara kali ini digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan dimana anggota yang melaksanakan kenaikan pangkat, menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak didampingi oleh istri ataupun suami dan anak.

"Khusus yang sudah berkeluarga, tidak kita bolehkan untuk didampingi istri ataupun suami dan anak karena saat ini kita lagi dalam pandemi covid-19. Aturan ini kita buat untuk mencegah terjadinya kerumunan ketika dan selesai upacara ini"kata Kapolres Belu. 

"Anggota juga kita wajibkan pakai masker, tetap jaga jarak dan tidak berjabatan tangan satu sama lain. Kalau sudah selesai upacara, silahkan bertemu dan merayakan kenaikan pangkat ini bersama keluarga dirumah" pungkas Kapolres Belu.

Upacara kenaikan pangkat Brigadir dan Tamtama Polri yang digelar di lapangan apel Mapolres pagi tadi  juga dihadiri para Kabag, Kasat, Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, Perwira Staf Polres dan Brimob, para Kapolsek jajaran Polres Belu serta Brigadir dan ASN Polri. 

Usai upacara, kemudian dilanjutkan dengan proses siram kembang dan pemberian ucapan selamat oleh Kapolres Belu dan seluruh anggota kepada anggota yang naik pangkat. 

Untuk diketahui, sebanyak 45 personil yang dinaikkan pangkat setingkat lebih tinggi antara lain AIPDA ke AIPTU 1 orang, BRIPKA ke AIPDA 14 orang, BRIGPOL ke BRIPKA 26 orang, BRIPTU ke BRIGPOL 2 orang serta BHARATU ke BHARAKA 2 orang.