Warga Laimea Apresiasi Aksi Heroik Polsek Lamaknen dalam Mengevakuasi Warga Terdampak Longsor

Warga Laimea Apresiasi Aksi Heroik Polsek Lamaknen dalam Mengevakuasi Warga Terdampak Longsor

Aksi heroik personel Polsek Lamaknen dalam mengevakuasi warga yang terdampak bencana tanah longsor pada beberapa wilayah di Lamaknen dan Lamaknen Selatan, kabupaten Belu di tengah cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang mendapat apresiasi dari masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu warga dusun Laimea, desa Persiapan Weluli, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, saat kegiatan jumat curhat yang digelar oleh Polsek Lamaknen, jumat (3/3/2023).

Yuli biasa disapa mengatakan kinerja anggota Polsek Lamaknen yang sangat tanggap dalam membantu masyarakat di sejumlah wilayah di Kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan yang terkena bencana tanah longsor akibat cuaca ekstrem patut mendapat apresiasi.

“Kita patut apresiasi kepada kinerja Kapolsek Lamaknen dan anggotanya. Mereka cepat tanggap dalam membantu masyarakat menghadapi bencana. Kita lihat di mana-mana yang tersebar di pemberitaan dan media sosial mereka mengevakuasi warga ke rumah-rumah, membantu menyelamatkan warga ," kata Yuli di kediaman kepala dusun LaImea.

Dirinya mengatakan, di tengah cuaca ekstrem, tugas Kepolisian dalam mengevakuasi warga di medan sulit dengan cuaca ekstrem bukanlah hal yang mudah.

"Jadi dalam hal ini mewakili masyarakat saya benar-benar berterima kasih pada polisi yang telah menjalankan tugasnya dengan baik," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kapolsek Lamaknen, IPDA Yesaya Lantorin mengatakan, Polres Belu khususnya Polsek Lamaknen selalu melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Polri yakni siap siaga membantu dan melayani masyarakat termasuk dalam hal bencana.

“Kami sebagai anggota Polres Belu secara khusus Polsek Lamaknen selalu hadir untuk memberikan bantuan terhadap warga termasuk yang terdampak musibah, baik itu berupa fisik yaitu mengevakuasi warga yang terdampak bencana"tutur Kapolsek.

"Dan juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang terdampak musibah khususnya di Lamaknen dan Lamaknen Selatan agar selalu waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrem ini,” lanjut IPDA Yes biasa disapa.

Mantan Kaur Bin Ops Intelkam Polres Belu ini juga menambahkan. pihaknya tidak hanya membantu mengevakuasi warga terdampak bencana tetapi pihaknya juga melakukan pendataan terhadap sejumlah kerusakan baik jalan maupun rumah warga untuk kemudian berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar segera memberikan bantuan awal kepada masyarakat

Dirinya juga berterima kasih atas dukungan dan motivasi dari masyarakat terhadap Polri dalam mejalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Ya, terkait apresiasi dari masyarakat, sebagai bagian dari Institusi Polri saya berterima kasih karena itu telah memberikan energi positif bagi kami dalam menjalani tugas dan tanggung jawab kami. Polri lahir dari masyarakat dan ada untuk masyarakat,” ujar Kapolsek Lamaknen

"Kami juga secara khusus mengimbau warga  kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan agar selalu waspada di tengah kondisi cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang yang melanda hampir seluruh wilayah di NTT khususnya di Belu"lanjut Kapolsek Lamaknen.

Dalam jumat curhat yang dilaksanakan pagi pukul 09.00 wita ini, Kapolsek Lamaknen juga memberikan beragam penyuluhan kepada masyarakat tentang keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kita tidak bosan-bosannya mengajak bapak ibu supaya bantu Polisi ciptakan kamtibmas, yah dengan cara tidak melakukan perbuatan melanggar hukum seperti berjudi, mabuk-mabukkan dan membuat keonaran di kampung inif”imbau Kapolsek.

“Kalau ada gangguan kamtibmas atau tindak pidana, bapak ibu jangan sungkan lapor ke kantor Polisi atau hubungi Saya melalui nomor hp Saya +62 812-3727-733. Supaya setiap persoalan dengan cepat Kita tindak lanjuti sehingga tidak menjadi panjang dan besar”pungkas Kapolsek.

Jumat curhat yang dilaksanakan setiap minggunya ini turut dihadiri Kepala Dusun Laimea, Bhabinkamtibmas desa Leowalu serta sejumlah Masyarakat Dusun Laimea.