Wakili Kapolres Belu, Wakapolres Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Belu

Wakili Kapolres Belu, Wakapolres Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Belu

Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (PokdarKamtibmas) Bhayangkara Resor Belu Polda NTT periode 2024-2027 resmi dikukuhkan,

Pengukuhan yang berlangsung di Ballroom Hotel Matahari Atambua ini ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K dalam hal ini diwakil Wakapolres Belu, KOMPOL Lorensius, S.H.,S.I.K kepada Ketua Pokdarkamtibmas Resor Belu. Alexander Yoseph Mau.

Usai penyerahan Bendera Pataka, Wakapolres Belu yang didampingi Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTT Ferdinand Barley Luan Mau, A.Md. Pel, menyematkan pin ke pengurus Pokdarkamtibmas Belu.

Dalam Sambutannya, Wakapolres Belu mengungkapkan, Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Belu yang telah dikukuhkan harus menjadi garda terdepan menjaga kondusifitas, serta menjadi penghubung antara masyarakat dengan kepolisian untuk membangun kerjasama dan kolaborasi dengan aparat kepolisian di tiap wilayah.

Mantan Wakapolres Sumba Barat ini menambahkan, Pokdarkamtibmas Resor Belu nantinya akan bertugas membantu Kepolisian dalam memelihara keamanan serata ketertiban, mencegah perbuatan elanggar hukum yang sering timbul di masyarakat.

"Keberadaan Kelompok tesebut sangat penting, juga sangat besar manfaatnya untuk warga sama-sama belajar diskusi bagaimana dengan manfaat kelompok ini dalam menciptakan situasi kamtibmas agar selalu kondusif di masing - masing wilayah"ungkap Wakapolres Belu.

"Saya menyampaikan profisiat dan selamat kepada badan pengurus yang telah dilantik hari ini, Kami sebagai Polisi tentu sangat senang sekali, karena tugas kami jadinya tidak terpaku sebagai aparat negara, tapi masyarakat terlibat aktif bantu memelihara kamtibmas dan itu sangat luar biasa,"tambahnya.

Menurut Wakapolres Belu, ada tiga Tugas pokok Polri yaitu, Harkamtibmas, penegakan hukum dan Memberikan perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat.

Dengan adanya Pokdarkamtibmas lanjut Wakapolres Belu, maka akan dapat bersinergi dengan kepolisian dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif khususnya dalam pelaksanaan pilkada 2024.

"Jadi kami kepolisian berharap Kelompok Wadah ini akan menjadi mitra Polri dalam memelihara serta menjaga kamtibmas yang kondusif,"harapnya.

Sementara Ketua Pokdarkamtibmas Polda NTT, pada kesempatan tersebut menyampaikan, untuk keberlangsungan kelompok ini tentunya kita sebagai mitra Polri yang paling pertama adalah melaksanakan tindakan preventif dalam mencegah untuk gangguan kamtibmas.

"Termasuk dengan nanti terkait dengan beberapa keluhan masyarakat ataupun ke depannya yang mau diselesaikan bisa kita fasilitas. Kelompok ini akan bantu mitra Polri memelihara sekaligus menjaga kamtibmas yang kondusif," ujarnya.

Kegiatan penguuhan ini juga dihadiri Kasubdit Binpolmas Polda NTT, Kasat Binmas Polres Belu, Kaur Bin Ops Sat Binas Polres Belu, Tokoh Adat, Perwakilan dari tiap tiap kecamatan sebanyak 5 orang serta para Babinkamtibmas kota Atambua.

Adapun susunan pengurus Pokdarkamtibmas Resor Belu masa bakti 2024-2027 antara lain :

Dewan Pembina : Kapolres Belu

Ketua : Alexander Yoseph Mau

Wakil Ketua : Marsianus Loe Mau

Sekretaris : Joana Aprilia Mau

Bendahara : Desiana Natalia Mau

Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan;Yulita Kali Mau

Bidang Monitoring dan Operasional:Charles Stefanus Mau-Aloysius Talo Mau

Bidang Infokom: Hendrikus Manek-Januarius Bau

Bidang Ekonomi dan Pengembangan: Dedianus Naisuan-Romualdus Bou Lotu

Bidang Pembinaan dan Pengembangan: Alexander Frederikus Loe

Bidang Pengawasan dan Hukum: Steven Tes Mau