Vaksinasi Massal Serentak, Kapolres Belu Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di wilayah Raihat

Vaksinasi Massal Serentak, Kapolres Belu Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di wilayah Raihat

Guna mencapai target vaksinasi nasional di akhir tahun 2021 yang mencapai angka 70-80%, Kepolisian Resor Belu setiap harinya terus berkolaborasi dengan jajaran TNI dan Pemerintah Daerah, menggenjot pelaksanaan vaksinasi covid-19 di seluruh kecamatan sekabupaten Belu.

Pelaksanaan vaksinasi serentak, kamis (16/12/2021), mendapat perhatian langsung dari Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang turun memantau jalannya vaksinasi tepatnya di UPTD PKM Puskesmas Haekesak, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu.

Kegiatan vaksinasi yang dimulai sejak pagi pukul 08.00 wita, turut di hadiri Sekretariat Dinkes Kab Belu, Pejabat Utama Polres Belu, Kepala Puskesmas Haekesak beserta staf, Kapolsek Raihat dan anggota, Danramil 1605 - 08 Haekesak dan anggota serta anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yon 743/PSY.

Di Puskesmas Haekesak ini, Kapolres Belu tampak memantau jalannya tahapan pelaksanaan vaksinasi yang diantaranya pengisian blangko dan pendaftaran, tensi darah serta observasi kesehatan bagi ratusan peserta yang dilayani tenaga vaksinator dari RS.Bhayangkara Polda NTT dan Puskesmas Haekesak .

Sesekali orang nomor satu di Polres Belu ini, juga berdialog dengan masyarakat yang sedang menunggu giliran untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 dosis 1 dan 2 jenis Astrazeneca, Sinovac dan Pfizer.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Belu bersama Pejabat TNI, Polri dan Pemda yang hadir, mengikuti vaksinasi massal serentak yang ada di seluruh jajaran Polda melalui zoom dari propinsi Gorontalo yang dihadiri langsung Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Kapolres Belu kepada awak media yang hadir, menuturkan, akselerasi vaksinasi ini sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan herd immunity serta mengantisipasi terjadinya laju pertumbuhan Covid-19 di periode Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Dirinya menambahkan, dengan terus digenjotnya vaksinasi di seluruh wilayah sekabupaten Belu, Pihaknya optimis target vaksinasi khususnya di kabupaten Belu, dapat tercapai minimal 70 persen di akhir tahun, sebagaimana harapan Presiden RI, Ir. Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si.

"Hari ini untuk puskesmas Haekesak, masyarakat yang divaksin mencapai 209 orang. Untuk dosis pertama 155 orang dan dosis kedua 54 orang. Dan dari pantauan kami baik secara langsung maupun dari laporan seluruh pejabat utama dan Kapolsek yang menyebar di seluruh kecamatan, bahwa antusias warga untuk di vaksin makin meningkat. Menjelang Nataru ini, kami akan terus menggenjot vaksinasi dengan harapan pas Natal nanti, jumlah masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi khususnya dosis pertama sudah mencapai angka 70 persen lebih"kata Kapolres Belu.

"Tentunya dukungan dan kesadaran dari masyarakat kita perlukan sehingga Saya berulang-ulang ingatkan anggota di lapangan untuk terus mobilisasi masyarakat supaya mengikuti vaksinasi dan berikan edukasi akan pentingnya vaksinasi untuk kekebalan tubuh sehingga memasuki natal dan penghujung tahun nanti, kita khususnya kabupaten Belu dapat mencapai herd immunity sesuai target pemerintah"pungkas Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu mengajak masyarakat yang telah divaksin supaya tetap menerapkan protokol kesehatan atau 5 M di manapun berada.

"Untuk yang sudah melakukan vaksinasi hari ini, saya mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan merasa sudah di vaksin lalu mengabaikan protokol kesehatan"pesan Kapolres Belu

"Kita harus tetap patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena itu demi keselamatan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19"pungkas Kapolres Belu.