Uji Disiplin dan Kesiapsiagaan Personel dalam Pelaksanaan Tugas, Wakapolres Belu Periksa Senjata Api Hingga Sikap Tampang

Uji Disiplin dan Kesiapsiagaan Personel dalam Pelaksanaan Tugas, Wakapolres Belu Periksa Senjata Api Hingga Sikap Tampang

Wakil Kepala Kepolisian Resor Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP melakukan pemeriksaan sikap tampang, senjata api genggam serta surat -surat kelengkapan anggota Polres Belu, rabu (16/11/22). 

Usai pelaksanaan apel pagi pukul 08.30 wita, Waka Polres Belu didampingi Kasi Propam IPDA Filomeno Soares dan anggota, melakukan pemeriksaan meliputi rambut dan jenggot, atribut Polri, surat-surat seperti KTP, SIM, STNK, KTA dan pemeriksaan senjata api genggam jenis revolver beserta kartunya (pemegang senpi).

Sesuai pantauan Humas pagi tadi, masih ditemukan sejumlah anggota yang melanggar disiplin Polri, baik sikap tampang maupun penggunaan atribut Polri.

“Ada beberapa anggota yang rambutnya tidak sesuai aturan dan sedikit tebal, langsung Saya perintahkan segera mencukur. Ada juga yang seragamnya sudah pucat warnanya dan pangkat yang mulai usang, agar segera pulang ganti dan dari sekarang tidak boleh pakai lagi. Kalau sudah laksanakan, laporkan hasilnya di Kasi Propam”kata Wakapolres Belu.

Wakapolres Belu mengungkapkan, sebagai anggota Polri yang setiap saat bersentuhan dengan masyarakat, dituntut untuk selalu menjaga penampilan, mengantongi identitas diri dan juga Surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara. 

Kedisiplinan yang ditunjukkan oleh aparat itu sendiri lanjut mantan Wakapolres Sikka ini, agar tidak memunculkan citra negatif di hati masyarakat dimana Polisi selaku pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sengaja Kita lakukan mendadak seperti hari ini, untuk menguji kesiapan anggota terlebih satuan fungsi yang setiap saat bersentuhan dengan masyarakat seperti anggota Bhabinkamtibmas dan Lalu Lintas. Bagaimana penampilannya, apakah sudah layak atau belum saat mau terjun melayani masyarakat. Kalau tampang dan pakaiannya asal-asalan, bisa-bisa Kita diketawai masyarakat"lanjut Waka Polres Belu.

"Dan Ini (pemeriksaan) akan Kita lakukan secara continue baik di Polres maupun di Polsek agar semua personel lebih mentaati aturan dan hasil pemeriksaan tadi akan kita laporkan ke pimpinan (Kapolres Belu),”tutup Wakapolres Belu yang dalam pemeriksaan turut didampingi Kasat Binmas, KBO Binmas dan Kanit Turjawali Lantas.