Kunjungan Kerja ke Polsek Jajaran, Kapolres Belu Ajak Semua Pihak Bersinergi Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

Kunjungan Kerja ke Polsek Jajaran, Kapolres Belu Ajak Semua Pihak Bersinergi Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai
Kapolres Belu saat melakukan kunjungan kerja ke Polsek Lasiolat, selasa 6 februari 2024

Dalam rangka memastikan kesiapan personelnya jelang pelaksanaan pengamanan pemilu serentak,14 februari 2024, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K,selama 2 (dua) hari berturut-turut melakukan kunjungan kerja ke polsek jajaran.

Di hari pertama kunjungan kerja, senin (5/02/2024), Kapolres Belu menyambangi Polsek Tasifeto Barat dan Polsek Raimanuk.

Sementara di hari kedua, selasa (6/02/2024), Kapolres Belu selama dua hari berturut-turut didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Vonny Richo Simanjuntak, Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP beserta pejabat utama Polres melanjutkan agenda kerjanya dengan mendatangi Polsek Tasifeto Timur dan Polsek Lasiolat.

Dalam kunjungan kerjanya di 4 dari 7 polsek jajaran, Kapolres Belu melakukan tatap muka dengan seluruh personel Polsek sementara di saat yang sama diisi dengan tatap muka Ketua Bhayangkari Cabang Belu dengan seluruh Bhayangkari Ranting Polsek.

Selain bertatap muka dengan Kapolsek dan anggota, Kapolres Belu dalam kunjungan kerjanya berkesempatan untuk bertatap muka dengan Camat, Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) , para kepala desa, PPS (Panitia Pemungutan Suara) serta perwakilan tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

Kepada awak media, Kapolres Belu mengungkapkan, kunjungan kerja tesebut guna melihat secara langsung situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan serta kesiapan personelnya dalam pelaksanaan tugas khususnya menjelang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

"Kunjungan kerja ini Saya lakukan sebagai bentuk komitmen kuat dari Polres Belu dalam menjaga kondusivitas dan keamanan selama proses pemilihan umum. Saya pastikan situasi di wilayah hukum Polres Belu ini dalam keadaan yang kondusif, tidak adanya gejolak yang timbul khususnya menjelang pemilu serentak yang tinggal menghitung hari"ujar Kapolres Belu.

"Dan Saya juga ingin pastikan anggota betul-betul siap dalam melaksanakan tugas khususnya rekan-rekan yang akan melaksanakan pengamanan di TPS-TPS. Saya juga minta Kapolsek dan anggota supaya situasi yang sudah kondusif harus terus dipertahankan. Tingkatkan terus patroli dan sambang masyarakat guna mencegah gangguan kamtibmas dan memberikan kenyamanan masyarakat saat beraktivitas maupun saat istirahat malam"tambah Kapolres Belu.

Orang nomor satu di Polres Belu ini menambahkan, kunjungan tersebut merupakan kesempatan untuk mengevaluasi serta meningkatkan koordinasi antara Polri dengan penyelenggara pemilu di tingkat desa dan kecamatan, guna mengantisipasi dan menanggulangi potensi masalah yang mungkin timbul sebelum, selama dan sesudah proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Kami ingin memastikan bahwa tidak hanya personil kami, tapi kesiapan semua pihak antara lain Camat, Kepala Desa, KPPS, PPK, PPS, dan Linmas dalam menghadapi pelaksanaan pemungutan suara. Bagaimana progres perekaman E-KTP dimana waktu nya sudah sempit dan bilamana ada kendala kami minta segera disampaikan sehingga kita bersama-sama bisa mencari solusi atas kendala yang ada"ujar Kapolres Belu.

"Karena kalau masyarakat masih ada yang belum mempunya E-KTP maka bisa memungkinkan munculnya konflik pada saat di TPS bilamana tiba-tiba ada yang datang bekum merekam E-kTP tapi minta hak suaranya harus didapatkan. Selain itu, masih ada hal-hal yang kita bahas kaitan erat dengan kesiapan pemilu seperti pendistribusian logistik dari KPU ke PPK dan ke TPS karena ini harus kita antisipasi dengan baik sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib"pungkas Kapolres Belu.

Kapolres Belu saat melakukan kunjungan kerja ke Polsek Tasifeto Barat, senin 5 februari 2024