Turun Penuh, Polres Belu bersama Instansi Terkait Amankan Malam Penghujung Tahun 2021 di Tapal Batas

Turun Penuh, Polres Belu bersama Instansi Terkait Amankan Malam Penghujung Tahun 2021 di Tapal Batas

Kepolisian Resor Belu bersama jajaran TNI, Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Belu serta instansi terkait lainnya, bersiaga penuh guna menjamin situasi yang penuh kondusif selama malam pergantian tahun di wilayah kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan negara RDTL (Timor Leste).

Kesiapan pengamanan dalam rangkaian operasi Lilin Ranakah 2021 ini, ditandai dengan dilaksanakannya apel gabungan yang berlangsung di lapangan apel Polres Belu,jumat (31/12/2021) pukul 19.00 wita.

Dalam arahannya, Kapolres Belu menjelaskan, pengamanan kali ini tidak saja difokuskan untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun, tapi juga upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Oleh karenanya, dirinya meminta seluruh personil pengamanan, untuk menerapkan Protokol kesehatan yang ketat ke masyarakat dalam rangka mencegah timbulnya klaster baru covid-19.

“Di tengah pandemi saat ini, pola pengamanannya seperti tahun kemarin. Kita akan perketat aturan agar tidak timbul klaster baru covid 19. Sesuai dengan penegasan pimpinan kita bapak Panglima TNI dan Kapolri, kita tidak akan mengijinkan masyarakat untuk melakukan konvoi atau arakan, menggelar pesta yang mengundang kerumunan dan pesta kembang api. Bilamana ditemukan,maka Kita akan bubarkan dan proses sesuai hukum yang berlaku"tegas Kapolres Belu.

"Nantinya penggal-penggal jalan akan kita isi personil. Dan untuk sejumlah tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat, akan kita tutup total seperti di lapangan simpang lima, fronteira garden dan tempat lainnya. Abis apel ini, Saya akan memimpin langsung patroli gabungan, Kita akan sisir seluruh ruas jalan kota Atambua sembari Kita imbau masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan"pungkas Kapolres Belu

Menutup arahannya, Kapolres Belu mengucapkan selamat bertugas serta meminta kerja sama yang baik seluruh anggota TNI-Polri dan instansi terkait, sebelum, selama dan sesudah pengamanan malam tutup tahun baru 2021.

"Mari kita secara bersama-sama bekerja, soliditas kita tunjukkan ke masyarakat bahwa Kita telah siap melaksanakan pengamanan"kata Kapolres Belu. "

"Dalam kegiatan nanti, Saya minta seluruh personil jaga keselamatan diri, perhatikan sesama teman. Ini tidak memandang bahwa ini dari Polres, TNI ataupun rekan-rekan dari instansi lainnya, tapi kita melakukan pengamanan secara bersama-sama dan kita lakukan ini demi keamanan dan keselamatan masyarakat di tengah pandemi covid-19"pinta Kapolres Belu.

Hadir dalam apel gabungan tersebut antara lain Dandim 1605 Belu, Letkol Inf.Wiji Untoro, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, para Kabag, Kasat dan Perwira Staf Polres Belu serta Pejabat yang mewakili Kasat Pol PP Kab.Belu.

Apel gabungan ini diikuti personil gabungan Polres Belu, Kodim 1605/Belu, Yonif RK 744 / SYB, Sub Den Pom IX Atambua,  Brimob Kompi.3 Den A Pelopor Atambua serta personil Sat Pol PP Kabupaten Belu.

Usai pelaksanaan apel gabungan, personil TNI-Polri dan Instansi terkait, dibagi dalam 2 tim yang kemudian melaksanakan patroli di wilayah kota Atambua.

Dari pantauan Humas yang ikut dalam rombongan, tim pertama melaksanakan patroli di seputaran pasar lama hingga cabang toko pelita, kemudian lurus menuju hutan jati Nenuk.

Balik dari Hutan Jati, tim patroli menyisir wilayah seputaran Tini, RS Tentara, Tugu Kuda lurus menuju kompleks mangga dua dan kembali Mapolres.

Sementara tim kedua, melaksanakan patroli di wilayah Tenukiik, cabang PU, bandara hingga cabang Sadi.

Dari cabang Sadi, tim patroli gabungan menyisir wilayah Kuneru, Tulamalae hingga Tini, pasar Lolowa, Pengadilan Negeri dan kembali ke Mapolres.