Setelah Rapat Lintas Sektor, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Semana Santa Kesiapan Pengamanan Paskah 2022

Setelah Rapat Lintas Sektor, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Semana Santa Kesiapan Pengamanan Paskah 2022

Setelah sehari sebelumnya menggelar rapat koordinasi lintas sektor, Kepolisian Resor Belu pada kamis (7/4/2022) pagi pukul 09.00 wita, menggelar latihan pra operasi Semana Santa Turangga 2022 dalam rangka persiapan pengamanan perayaan Paskah.

Lat pra ops yang digelar di aula Wira Satya lantai 2, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang dihadiri Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, Kabag Ops, Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kasat Lantas, Kasat Samapta, Kasubbag Kerma, Kasubbag Bin Ops serta anggota Brigadir yang terlibat dalam operasi Semana Santa.

Tujuan pelaksanaan Latihan Pra Operasi ini kata Kapolres Belu saat membuka kegiatan ini yakni sebagai penyamaan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Untuk itu, orang nomor satu di Polres Belu ini mengimbau semua anggota yang terlibat dalam operasi, agar serius mengikuti latihan agar tidak keliru dalam bertindak dilapangan.

"Kita akan diperhadapkan suatu operasi dalam rangka memberikan keamanan, kenyamanan dan kelancaran ibadah Paskah di tengah pandemi ini. Maka dari itu, kita wajib melakukan langkah-langkah antisipasi sehingga kegiatan peribadatan dapat berjalan aman,terkendali"kata Kapolres Belu.

"Untuk itu dimohon kepada Kabag Ops, Kasat Intel, Kasat Lantas dan Kasat Binmas ,dalam hal memberikan materi tolong di tegaskan lagi khususnya teknis dan cara bertindak saat melaksanakan pengamanan di gereja-gereja, berikan teori-teori yang nyata sehingga anggota tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas. Dan kepada rekan-rekan, Saya harapkan supaya kita serius mengikuti kegiatan Lat pra dan tidak menganggap sekedar pre memory. "pungkas Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, Kapolres Belu mengimbau seluruh anggota, untuk betul-betul melaksanakan pengamanan dengan sebaik-baiknya sehingga perayaan Paskah dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar.

"Perlu rekan-rekan ketahui dan pahami, daerah kita ini mayoritas katolik sehingga diharapkan jangan sampai kejadian pencemaran Hostia seperti yang pernah terjadi di tahun tahun kemarin, terulang kembali di wilayah kita"ungkap Kapolres Belu.

"Untuk itu, dalam pengamanan nanti, Saya minta rekan-rekan bersinergi secara baik dengan instansi terkait dan pihak Gereja. Kemudian kepada rekan-rekan yang Nasrani, Saya minta agar mengenakan pakaian dinas saat mengikuti ibadah di Gereja sebagai langkah kita memberikan rasa aman kepada para umat yang melaksanakan ibadah. Para Kapolsek dan juga rekan-rekan Bhabinkamtibmas, mulai hari ini aktifkan sambang ke masyarakat dan berikan imbauan kamtibmas agar tidak melakukan tindakan yang mengganggu ketenteraman umum"lanjut Kapolres Belu

Kegiatan Lat Pra ops ini diisi dengan paparan dari Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH yang menyampaikan tentang rencana operasi dan peran dari tiap-tiap satgas operasi.

Selain Kabag Ops, paparan lainnya menyangkut kesiapan operasi ini juga disampaikan oleh Kasat Intelkam Polres Belu, Kasat Lantas, Kasat Binmas dan Kasat Samapta Polres Belu.