Dengan Semangat Bersatu Bangun Bangsa, Polres Belu Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 94

Dengan Semangat Bersatu Bangun Bangsa, Polres Belu Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 94

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 di Mapolres Belu, ditandai dengan Upacara yang mengambil tempat di lapangan apel Polres Belu. 

Upacara HUT Sumpah Pemuda dengan tema ", Bersatu Bangun Bangsa" dipimpin oleh Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan,S.IP, dengan Komandan Upacara Kasi Humas,IPDA Filomena Soares.

Membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H. Zainudin Amali, Wakapolres selaku Inspektur Upacara mengungkapkan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 lanjut Irup, memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. 

"Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan - pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa"pungkas Wakapolres Belu.

Masih dalam amanatnya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI mengatakan, Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa, Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. 

"Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras"ungkap Wakapolres Belu.

"Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi"tambah Wakapolres Belu.

Upacara yang digelar pukul 08.00 WITA, dihadiri para Kabag, Kasat, dan Perwira Staf Polres Belu dengan peserta Upacara terdiri dari barisan Dalmas, Sat Lantas, Reskrim, Intelkam, Staf Polres Belu serta ASN Polri Polres Belu.