Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolres Belu Beberkan Sasaran Operasi Zebra Turangga 2022

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolres Belu Beberkan Sasaran Operasi Zebra Turangga 2022
Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K saat membacakan amanat pada apel gelar pasukan ops Zebra 2022

Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K memimpin apel gelar pasukan operasi Zebra Ranakah di halaman Mapolres, senin (3/10/2022).

Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan tepat pukul 08.00 wita, dihadiri Dandim 1605 Belu, Wakapolres Belu, Danki 3 Yon A pelopor Atambua, Dansubden POM IX Udayana Belu,  Kepala Jasa Raharja Belu, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, serta Perwira Staf Polres Belu.

Dalam amanat singkatnya, Kapolres Belu menuturkan, Operasi zebra ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis.

Adapun sasaran operasi tersebut lanjut Kapolres Belu meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19.

"Sasaran Kita dalam operasi Zebra kali ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lantas seperti muatan berlebih, melawan arus, Knalpot tidak sesuai standar, kendaraan yang menggunakan rotator, kendaraan dengan TNKB Luar NTT, Kendaraan Dengan TNKB Hitam / Pribadi yang dijadikan Travel Liar serta lainnya”ungkap Kapolres Belu.

"Dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan operasi zebra tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap "tambah Kapolres Belu

Dalam melaksanakan Operasi Zebra Turangga nantinya, orang nomor satu di Polres Belu ini meminta anggota Polri dan Instansi terkait supaya tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personil khususnya pada saat melakukan penegakkan hukum terhadap pelanggar lalu lintas, dengan berpedoman pada standar operasional prosedur (sop) yang telah ditetapkan.

“Kepada anggota yang bertugas di lapangan, Saya minta agar siapkan fisik dengan dilandasi moral dan disiplin kerja yang tinggi serta waspada, jaga keamanan, keselamatan dan kesehatan diri dalam melaksanakan tugas”terang Inspektur Apel.

“Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri dan lakukan operasi zebra ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. Kita wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid 19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan" pungkas Kapolres Belu.

Apel Gelar pasukan Ops Zebra 2022, ditandai dengan penyematan Pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Lantas, Kompi 3 Yon A pelopor, Suden Pom IX Udayana Belu, dan Dishub darat Kab.Belu.

Adapun Peserta Apel gabungan terdiri dari barisan Subden POM, Kodim 1605 Belu, Kompi 3 Yon A Pelopor Brimob Belu, Sat Samapta, Sat Lantas, Staf Gabungan, gabungan Sat Reskrim, Sat Intel dan Sat Narkoba serta barisan Dinas Perhubungan Kab. Belu.