Polres Belu Gelar Sidang Rikmin Awal Penerimaan Calon Taruna/i Akpol T.A 2023, Ini Hasilnya

Polres Belu Gelar Sidang Rikmin Awal Penerimaan Calon Taruna/i Akpol T.A 2023, Ini Hasilnya

Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Polri, Kepolisian Resor Belu, menggelar sidang dan pengumuman hasil pemeriksaan administrasi (rikmin) awal Penerimaan Calon Taruna Taruni Akpol Polri Tahun anggaran 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan rabu, 26 april 2023 di aula Wira Satya Lantai 2 Polres, dipimpin Kapolres Belu,  AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak S.I.K yang dihadiri Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, Kabag SDM Polres Belu, KOMPOL Yunior T.M Duill,  tim internal Polres Belu serta unsur eksternal dari dinas Dukcapil dan dinas pendidikan dan olahraga (PPO).

Membuka kegiatan siang kemarin pukul 13.00 wita, Kapolres Belu selalu Ketua Pabanrim Belu mengatakan, pada prinsipnya seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis).

Dalam Rikmin awal tersebut lanjutnya, para panitia baik internal Polri maupun pengawas eksternal melakukan pemeriksaan awal terhadap kelengkapan berkas-berkas para calon peserta hingga pengukuran tinggi badan dan juga berat badan.

“Dalam proses Penerimaan Polri T.A. 2023 baik Akpol, Bintara dan Tamtama, sedari awal mengedepankan prinsip BETAH. sehingga kita diberikan kepercayaan oleh Pimpinan dari tingkat pusat untuk kita melaksanakan pemeriksaan awal yang harus dilengkapi oleh calon peserta"ungkap Kapolres Belu.

"Disini proses verifikasi kita libatkan pengawas internal Polri dan eksternal dimana hasil pemeriksaan awal ini akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya" tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolres Belu menjelaskan, setelah dinyatakan lolos atau memenuhi syarat dalam seleksi administrasi awal di tingkat Polres, para peserta calon anggota Polri bisa mengikuti tahapan selanjutnya di tingkat Polda NTT.

Dirinya juga mengapresiasi kerja keras dari seluruh panitia sehingga pelaksanaan rikmil awal sejak dibuka pendaftaran hingga pengumuman hasil rikmin berjalan dengan lancar.

“Saya selaku Ketua Pabanrim mengucapkan terimakasih serta apresiasi kepada rekan-rekan baik Internal maupun eksternal yang terlibat dalam panitia Penerimaan Anggota Polri Terpadu T.A. 2023. Setelah sidang ini, kemungkinan besok Kita akan geser adik-adik Kita untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya di Panda Polda NTT"jelas Kapolres Belu.

"Harapan kami dan seluruh masyarakat nantinya disampaikan bahwa kita masuk Polri, baik itu Tamtama hingga Perwira semuanya gratis. Jangan percaya kepada oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan, bahwa mereka bisa membantu dengan catatan siapkan sekian. Jangan percaya karena semua tahapan bisa Kita lalui dengan kemampuan diri kita masing-masing"lanjut Kapolres Belu.

Untuk diketahui, setelah melalui sidang kelulusan Rikmin Awal, dari 16 orang yang mendaftar online, 11 orang tidak lolos verifikasi dan 5 orang yang dinyatakan lolos atau memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan tes berikutnya dengan rincian pria 3 orang dan wanita 2 orang.