Ops Lilin Turangga 2022, Kapolres Belu bersama Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Ops Lilin Turangga 2022, Kapolres Belu bersama Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru), Kepolsian Negara Republik Indonesia secara terpusat menggelar operasi Lilin 2022.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Kepolisian Resor Belu bersama instansi terkait, melaksanakan apel gelar pasukan operasi Lilin Turangga 2022 di halaman apel Mapolres Belu, rabu (22/12/2022).

Apel gelar pasukan yang dimulai pukul 09.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang didampingi Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, dengan Perwira apel, Kasat Samapta Polres Belu IPTU Sadikin, S.Sos dan komandan apel,  IPDA Mohd. Putra Dharmalaksana, S.Tr.K.

Membacakan amanat tertutlis Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Kapolres Belu mengungkapkan, Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

Untuk itu, dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2022, total 166.322 personel gabungan dikerahkan dengan menempati 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.

"Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa, “Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman”ungkap Kapolres Belu.

Masih dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Belu, Kapolri mengimbau anggota kepolisian dan instansi terkait, untuk melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system.

"Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat"imbau Kapolres Belu.

"Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduii. jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbuikan klaster baru penyebaran Covid-19"tegas Kapolres Belu.

Menutup sambutannya,  Kapolres Belu mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2022.

"Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing- masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini"pesan Kapolres Belu.

Dan sebelum menutup amanat saya ingin mengucapkan “Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023”. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama."pungkas Kapolres Belu menutup sambutan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Apel gelar pasukan ini ditandai dengan pemasangan pita secara simbolis kepada perwakilan oleh Inspektur Apel serta pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Belu yang didampingi Bupati Belu.

Hadir dalam apel gelar pasukan pagi tadi antara lain Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua, Dandim 1605 Belu( diwakili Pasi Intel, Dansatgas Pamtas RI – RDTL ( diwakili WadanYon ), Danki 3 Yon A Pelopor Atambua, Kadis Perhubungan Kab. Belu serta Dansubden POM IX Atambua

Hadir juga Kasat Pol PP Kab.Belu, Kadis PUPR Kab.Belu, Kadis Pariwisata Kab. Belu, Kepala UPBU A.A.Bere Tallo ( mewakili KTU ), Kepala Kesbangpol Kab.Belu, Kepala Koordinator Pos Sar Atambua, Kepala Kominfo Kab.Belu, Para kabag,Kasat,Kapolsek dan  perwira staf Polres Belu, para tokoh agama, insan pers serta tamu undangan lainnya.

Sementara barisan apel terdiri dari anggota Staf Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Satgas Pamtas Ri-RDTL Yon RK 744/SYB, Kompi 3 Den A Pelopor Brimob Atambua, Subdenpom IX/1-3 Atambua, Dishub kabupaten Belu, Sat Pol PP kabupaten Belu, BPBD Belu, serta satu regu Senkom Polri.