Ops Lilin Turangga 2020, Polres Belu Terima Kunjungan Tim Supervisi Mabes Polri

Ops Lilin Turangga 2020, Polres Belu Terima Kunjungan Tim Supervisi Mabes Polri

Guna melihat dari dekat tahapan pelaksanaan operasi Lilin Turangga 2020 yang sudah dilaksanakan, Tim pengawasan operasi Lilin Mabes Polri, melakukan supervisi ke Polres Belu, jumat (25/12/2020).

Adapun rombongan Tim Supervisi yang tiba pukul 11.30 wita antara lain Kombes Pol, Dr. Franky Haryanto Parapat, S.H., M.Si dan Kombes Pol, Thei Tabero, SH serta Perwira Pendamping dari Roops Polda NTT, Kompol Mulyono.

Kedatangan tim siang tadi di Mapolres Belu, disambut Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie serta sejumlah pejabat utama.

Selain bertatap muka di aula Wira Satya, Tim Was Ops Lilin 2020 mengecek ruang posko Ops Lilin dan pengumpulan data check list yang telah dibagikan sebelumnya meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian hingga pelaksanaan operasi lilin tahun 2020.

Dari Mapolres Belu, Tim Supervisi didampingi Kapolres Belu serta sejumlah pejabat utama, meninjau pos terpadu ops lilin di simpang lima Atambua.

Di Pos Pam tersebut, Tim supervisi mengisi buku tamu, mengecek papan tabulasi yang berisi data kuat pers, jumlah Gereja, Peta lokasi pam yang berisi titik-titik hot spot yang berkaitan dengan kerawanan wilayah dan kamseltibcar lantas serta memberikan arahan kepada anggota jaga.

Bertolak dari pos terpadu, Tim Supervisi didampingi Kapolres Belu serta sejumlah pejabat utama, menutup kunjungannya dengan meninjau pos lintas batas negara (PLBN) Motaain.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh mengatakan, kedatangan tim supervisi bertujuan mengetahui sejauh mana berjalannya Ops Lilin yang telah dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 serta hasil-hasil yang dicapai ataupun kendala yang dihadapi.

"Pengawasan seperti ini di setiap operasi terpusat, rutin dilakukan oleh Mabes Polri dan juga tingkat Polda. Tujuannya, untuk mengetahui kesiapan jajaran dalam melaksanakan setiap tahapan operasi, apakah sudah sesuai dengan aturan atau tidak"kata Kapolres Belu.

"Dan di masa pandemi ini, tim juga memastikan apa-apa saja langkah yang sudah Kita lakukan dalam upaya mencegah klaster baru. Kita jelaskan ke tim bahwasanya apa yang menjadi maklumat Kapolri, sudah Kita jabarkan dengan baik seperti tidak mengeluarkan ijin keramaian, menggandeng tokoh agama untuk memberikan imbauan ke umat serta memasang spanduk imbauan tertib prokes di tempat-tempat yang mudah dilihat masyarakat. Dan dimedia sosial juga aktif Kita kampanyekan kepatuhan prokes"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan operasi Lilin Turangga kali ini, sebanyak 250 personel gabungan diterjunkan guna mengamankan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Personil gabungan ini terdiri dari Polres Belu, Brimob, Kodim 1605/Belu, Senkom mitra Polri, Dinas Perhubungan Belu serta Sat Pol PP Belu.

Operasi Lilin Turangga ini sendiri dilaksanakan selama 15 hari, dimulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.