Nataru di Depan Mata, Polres Belu Undang Instansi Terkait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Turangga 2023

Nataru di Depan Mata, Polres Belu Undang Instansi Terkait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Turangga 2023

Menjelang bergulirnya operasi Lilin Turangga 2023, Kepolisian Resor Belu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, senin (18/12/2023).

Rapat lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2024 (Nataru) yang sudah didepan mata, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, dalam hal ini diwakili Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP didampingi Pasi Intel Kodim 1605/Belu Kapten Inf.I Kadek Sukrawan dan Bupati Belu yang diwakili Asisten I, Nikolaus Umbu K. Birri.

Saat membuka kegiatan pagi tadi pukul 09.00 Wita, Wakapolres Belu mengatakan, tujuan digelarnya rapat ini untuk menyamakan persepsi dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanaan masyarakat dalam perayaan Nataru.

"Rakor ini setiap tahunnya rutin kita gelar sebagai langkah menyatukan persepsi bagaimana cara serta langkah-langkah yang perlu di ambil dan dilaksanakan pada saat mulai operasi"ungkap Wakapolres Belu.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan supaya hal-hal yang kurang, dapat diperbaiki dan ditambahkan demi terselenggaranya ops lilin yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya" lanjut Wakapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, Wakapolres Belu mengatakan, sasaran dalam operasi ini bukan saja tempat atau rumah ibadah, tetapi juga di lokasi yang berpotensi mengganggu kamtibmas seperti di pasar baru dan obyek-obyek vital yang ada di wilayah kabupaten Belu.

Untuk itu diharapkan, semua stakeholder yang terlibat dapat bersinergi dan berkolaborasi secara baik, sehingga tujuan daripada operasi lilin ini dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Selain pengamanan Gereja, ada beberapa lokasi yang perlu menjadi perhatian Kita di libur panjang ini seperti pelabuhan, tempat wisata dan juga pusat perbelanjaan. Yang tentunya aktivitas masyarakat semakin meningkat sehingga diperlukan kerja sama yang baik dari kita semua dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas "ungkap Wakapolres Belu.

"Saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan untuk kita bersinergi dan berkolaborasi, memastikan keamanan saat perayaan Nataru"pungkas mantan Wakapolres Sikka ini.

Usai dibuka Wakapolres Belu, kegiatan rapat lintas sektoral yang digelar di aula Wira Satya, dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, sesi diskusi dan ditutup dengan penekanan serta arahan Wakapolres Belu sekaligus menutup kegiatan rapat koordinasi.

Rapat lintas sektoral operasi Lilin Turangga 2023 ini, dihadiri Para Kabag,Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Belu, Kasubden POM IX Udayana Belu, Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, para tokoh Agama,  pejabat dari instansi Vertikal dan BUMD kabupaten Belu serta tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui, operasi Lilin Turangga 2023 sendiri akan dilaksanakan selama 12 (dua sebelas) hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s/d 02 Januari 2024.

Operasi ini mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan agar masyarakat dapat merayakan Natal dan menyambut Tahun Baru 2024 dengan Aman, Nyaman, Selamat, Tertib dan Lancar.