Resmi Berganti, AKBP Richo N.D Simanjuntak Serahkan Tongkat Komando Kapolres Belu ke AKBP Benny Miniani Arief

Resmi Berganti, AKBP Richo N.D Simanjuntak Serahkan Tongkat Komando Kapolres Belu ke AKBP Benny Miniani Arief
Kapolda NTT saat menandatangi berita acara serah terima jabatan Kapolres Belu

Setelah menjabat sebagai Kapolres Belu selama kurang lebih 1 tahun 5 bulan, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K resmi menyerahkan tongkat komando ke AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K.

Pergantian pucuk pimpinan di Polres Belu ini, ditandai dengan upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat utama dan Kapolres jajaran Polda NTT, di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda NTT, jumat (12/07/2024).

Mengutip dari halaman Tribratanewsntt.com,Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A selaku Inspektur Upacara menegaskan, mutasi jabatan dalam organisasi Polri adalah hal yang lumrah dan merupakan bagian dari upaya regenerasi serta menjaga dinamika organisasi.

"Sebagaimana kita ketahui, di dalam organisasi Polri suatu proses mutasi jabatan merupakan suatu hal yang sangat lumrah terjadi. Hal tersebut adalah wujud dari regenerasi dan realisasi dari upaya Polri untuk terus menjaga dinamika yang ada, sehingga roda organisasi dapat terus bergerak maju dalam menghadapi tuntutan tugas yang semakin berat ke depannya," ujar Kapolda NTT.

Pada upacara tersebut, dilakukan serah terima jabatan sejumlah pejabat utama dan Kapolres, yaitu Dirresnarkoba, Kabiddokkes, Kapolres Timor Tengah Selatan, Kapolres Belu, Kapolres Ngada, Kapolres Manggarai Barat, Kapolres Sumba Timur dan Kapolres Sumba Barat serta pelantikan Kabidpropam dan Kapolres Lembata.

Kapolda NTT juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pejabat lama yang meninggalkan Polda NTT, yaitu Kombes Pol Sigid Haryadi, S.I.K yang menjadi Kabaghumas Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri; Kombes Pol dr. Sudaryono, M.M., yang menjadi Kabiddokkes Polda Lampung; AKBP Padmo Arianto, S.I.K., yang menjadi Wadanmen II Paspelopor Korbrimob Polri; dan AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K., yang menjadi Kasubbagren Bagrenmin Korbinmas Baharkam Polri.

"Saya selaku Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas kinerja dan capaian prestasi serta dedikasi saudara yang ditunjukkan selama masa pengabdian di Polda NTT. Begitu juga dalam memberikan pelayanan prima kepolisian dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri di Polda NTT. Saya mendoakan semoga saudara senantiasa diberikan kelancaran, dan kesuksesan oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat tugas yang baru," kata Kapolda.

Kapolda juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada pejabat baru yang dilantik, yaitu Kombes Pol Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., sebagai Dirresnarkoba Polda NTT; Kombes Pol Robert Antoni Sormin, S.I.K., sebagai Kabidpropam Polda NTT; AKBP dr. Hery Purwanto, S.Ked., M.Si., Sp.B, sebagai Kabiddokkes Polda NTT dan AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., sebagai Kapolres Timor Tengah Selatan Polda NTT.

Ucapan selamat juga diberikan AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K sebagai Kapolres Belu Polda NTT; AKBP Fajar Widya Dharma Lukman, S.I.K., sebagai Kapolres Ngada Polda NTT; AKBP Christian Kadang, S.E., S.I.K., sebagai Kapolres Manggarai Barat Polda NTT; AKBP Edward Jacky Tofany Umbu Kaledie, S.H., S.I.K., M.M., sebagai Kapolres Sumba Timur; dan AKBP I Gede Eka Putra Astawa, S.H., S.I.K sebagai Kapolres Lembata Polda NTT.

"Saya berharap kepada saudara dapat meneruskan serta meningkatkan apa yang telah diberikan oleh pejabat sebelumnya. Segera lakukan penyesuaian diri dengan tantangan tugas yang ada di tempat tugas yang baru serta mari kita bekerja sama dan saling bahu-membahu menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Nusa Tenggara Timur," ujar Kapolda.

Kapolda juga berpesan kepada pejabat baru untuk terus memberikan pelayanan terbaik dengan tulus dan ikhlas kepada masyarakat, mengingat pengamanan terhadap agenda kegiatan nasional seperti Pilkada 2024 yang akan datang. Ia juga mengajak semua pihak untuk mempersiapkan rencana pengamanan, sarana dan prasarana, serta memetakan seluruh kerawanan dan potensi gangguan yang ada.

Kepada ibu-ibu Bhayangkari pejabat baru, Kapolda mengucapkan selamat datang dan berharap agar mereka dapat memajukan serta mengelola organisasi Bhayangkari Daerah NTT dan mendampingi serta mendukung pelaksanaan tugas suami.

"Demikian sambutan saya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan, bimbingan, dan petunjuk-Nya bagi kita sekalian dalam melanjutkan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara," tutup Kapolda.

Untuk diketahui, baru-baru ini Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si melakukan mutasi besar-besaran terhadap ratusan perwira baik Perwira Menengah (Pamen) hingga Perwira Tinggi (pati) di lingkungan Polri.

Dari ratusan personel yang dimutasi,terdapat nama Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang mendapat promosi jabatan sebagai Kasubagren Bagrenmin Korbinmas Baharkam Polri

Jabatan Kapolres Belu sendiri diisi oleh  AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K.yang saat ini menduduki jabatan sebagai Kapolres Sumba Barat Polda NTT.

Keputusan mutasi Kapolres Belu tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/1237/VI/Kep./2024 tertanggal 25 juni 2024.