KPU dan Bawaslu Kompak Apresiasi Polres Belu Selenggarakan Deklarasi Damai Pilkada Serentak 2024

KPU dan Bawaslu Kompak Apresiasi Polres Belu Selenggarakan Deklarasi Damai Pilkada Serentak 2024
Ketua KPU Belu saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi Damai Pilkada kabupaten Belu tahun 2024

Ketua KPU Kabupaten Belu,  Yohanes S.A Palla, S.H menyampaikan apresiasi kepada Polres Belu atas dilaksanakannya kegiatan Deklarasi Damai Pilkada Kabupaten Belu 2024.

Dengan deklarasi damai ini, diharapkan bisa mewujudkan situasi kamtibmas aman dan kondusif dan menjadi momentum sama-sama bersatu padu melahirkan pemimpin yang amanah, bermartabat bagi Kabupaten Belu.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Belu saat menghadiri Deklarasi damai Pilkada kabupaten Belu yang berlangsung di aula Bhayangkari Polres Belu, senin (23/9/2024).

"Terima kasih kepada Polres Belu dan jajarannya yang sudah melaksanakan ikrar damai ini dan mengundang kami penyelenggara Pilkada untuk hadir dan dapat  menyampaikan beberapa hal. Kami selaku penyelenggara, teknis Kami menyelenggarakan semua tahapan yang sudah ditetapkan. Dalam proses penyelenggara, ada persiapannya, ada penyelangaraannya"ungkap Ketua KPU Belu.

"Dalam persiapan-persiapan itu, kami sudah menetapkan Datfar Pemilih Tetap sebanyak 161.499. Kemarin kami sudah menerima pendaftaran, melakukan verifikasi administrasi dan kemarin tanggal 22 kami KPU sudah menetapkan dari 4 bakal pasangan calon, kami tetapkan menjadi 4 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu untuk sedianya mengikuti hajatan besar Pilkada 2024"tambahnya.

Ketua KPU juga mohon dukungan doa dan kerja sama dari seluruh pihak dan lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawal pesta demokrasi 2024 agar berjalan dengan aman, damai dan lancar.

"Hari ini ada unsur Forkopimda, Forum Komunikasi Umat Beragama, 4 (empat) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, para Ormas dan Mahasiswa hadir mengikuti deklarasi damai ini. Kami berharap dengan momentum deklarasi ini mari semua pihak untuk membulatkan tekad dan niat yang sama menjaga kedamaian serta meminimalisir pelanggaran dalam Pilkada 2024"harap Ketua KPU.

Senada dengan Ketua KPU, Komisioner Bawaslu Belu, Christafora Fernandez, S.STP menyampaikan terima kasih kepada Polres Belu atas inisiatif mengumpulkan berbagai elemen dan masyarakat dalam kegiatan deklarasi damai ini yang akan menghadapi Pilkada 2024, khususnya menjelang masa kampanye yang dimulai pada tanggal 25 September 2024.

"Ini merupakan momen penting, mengingat masa kampanye sering kali menjadi masa yang rawan hingga hari pemilihan nanti. Kami sari Bawaslu mengimbau semua pihak untuk menggunakan hak pilih dengan bijak serta menjaga keamanan dan kedamaian selama proses Pilkada berlangsung," ujar Komisioner Bawasli.

"Disini juga hadir para pemimpin masyarakat yang suaranya memiliki pengaruh besar. Kami berharap setelah dari kegiatan ini kita semua dapat menjaga situasi yang aman dan kondusif di wilayah kabupaten Belu dalam tahapan Pilkada ini"tambahnya.

Lebih lanjut, Komisioner Bawaslu mengatakan pihaknya siap menerima laporan dari masyarakat terkait pelanggaran Pilkada selama 24 jam.

"Hingga saat ini puji Tuhan, belum ada laporan terkait tindak Pidana Pilkada. Harapan kami, tidak ada gejolak yang muncul sehingga situasi yang kondusif ini tetap aman hingga akhir nanti"harap Komisoner Bawaslu.

"Dan ditempat ini, Kami menghimbau semua pihak agar mari kita sama-sama menggunakan hak kita sebagai warga negara dan menjunjung tinggi demokrasi ini"pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ikrar damai Pilkada tahun 2024.

Menurutnya ini adalah bentuk komitmen dari seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan Pilkada 2024 yang damai, sejuk dan lancar

"Hari ini ada Forkompinda, keempat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu, para Ormas, Tokoh agama dan juga Tokoh masyarakat. Ini (deklarasi) sebagai bentuk komitmen kita bersama untuk menciptakan Pilkada yang damai, sejuk dan lancar dengan cara mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan pemilu 2024"ungkap Kapolres Belu.

"Saya berharap kita sama-sama ciptakan situasi damai, saling menghargai dan menjaga satu sama yang lain dalam seluruh tahapan pilkada ini. Bukan hanya Pemerintah, TNI Polri dan Ormas, tetapi seluruh komponen.harus bersama-sama menciptakan situasi yang damai"pungkas Kapolres Belu,

Pelaksanaan Deklarasi damai yang dimulai pukul 09.00 wita dihadiri Bupati Belu, dr Agustinus Taolin Sp.PD-KGEH FINASIM, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K, Ketua DPRD Kab. Belu, Theodorus Manehitu Djuang, Kepala Kejaksaan Negeri Belu, Hendry Marulitua, S.H., M.H dan Wakapolres Belu, KOMPOL Lorensius, S.H., S.I.K

Hadir juga Ketua KPU Kab.Belu, Komisioner Bawaslu Kab.Belu, Pejabat Mewakili Dandim 1605 Belu, Pejabat Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Kabag Ops Polres Belu, Kasat Intelkam Polres Belu, 4 (empat) paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu dari paket Serius Akamsi, Paket Sahabat, Paket Sehati dan Paket Roman, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa.