Latihan Kerja di Polres Belu, Ka.SPN Polda NTT Ingatkan Siswa Diktukba Polri Jauhi Pelanggaran Sekecil Apapun

Latihan Kerja di Polres Belu, Ka.SPN Polda NTT Ingatkan Siswa Diktukba Polri Jauhi Pelanggaran Sekecil Apapun

Sebanyak 69 Siswa Diktuk Bintara Polri T.A 2021, Sekolah Polisi Negara (SPN) Kupang Polda NTT, rabu (1/12/2021) sore, tiba di Polres Belu dalam rangka melaksanakan latihan kerja (latja). 

Penerimaan satu kompi siswa Latja SPN Polda NTT pukul 16.00 WITA, ditandai dengan upacara serah terima yang dipimpin Ka.SPN Kupang Polda NTT, Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, S.St., M.K.

Dalam sambutannya, Ka.SPN Polda NTT menegaskan kepada para siswa, untuk menjalani latihan kerja dengan serius dan baik serta hindari membuat pelanggaran sekecil apapun.

“Latihan kerja ini adalah perintah langsung bapak Kapolri. Mengingat sekarang sudah level 2 artinya pelaksanaan yang tahun sebelumnya di SPN, tahun ini dilaksanakan di luar SPN. Disini (Polres Belu), kalian akan melaksanakan latihan kerja selama sebelas hari. Segera kalian beradaptasi, ikuti semua kegiatan materi yang disiapkan dan implementasikan apa yang sudah kalian dapat di SPN"kata Ka.SPN yang didampingi Wakapolres Belu, KOMPOL Fajar V.Sjarifuddin, S.I.K.

"Para siswa Saya minta berikan yang terbaik dan tidak boleh ada pelanggaran karena sebentar lagi kalian akan dilantik dan 5 menit menentukan nasib kalian. Saya tidak mau mendengar ada siswa membuat pelanggaran sekecil apapun. Berangkat lengkap, kembali juga lengkap jadi junjung tinggi disiplin selama kalian menimba ilmu disini (Polres Belu)"tegas Ka.SPN.

Masih dalam sambutan singkatnya, Ka.SPN Polda NTT meminta para mentor, baik dari SPN maupun dari Polres, untuk serius dan bertanggung jawab terhadap para siswa dengan mengasah intelektual siswa dalam pelaksanaan tugas Kepolsian sehingga dapat menjadikan pengalaman dan bekal nantinya dimanapun ditempatkan.

"Kepada para mentor juga para pembina dan perwira, Saya minta supaya selalu imelekat dan terus mengawal setiap kegiatan siswa. Berikan arahan, petunjuk dan bimbingan ilmu-ilmu kepolisian kepada para siswa. Memberikan praktek langsung di lapangan seperti olah tkp lantas, reskrim dan juga fungsi Samapta seperti penjagaan dan patroli maupun pembinaan fungsi teknis binmas, dengan memberikan kesempatan kepada para siswa Latja untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas" kata Ka.SPN Polda NTT.

“Karena Latja ini akan dinilai ,disimpulkan dan diumumkan Polres mana yang serius atau kurang serius dalam latihan kerja. Apabila tidak serius, nanti Kapolda nya dipanggil dan di minta paparan. Jadi Saya minta rekan-rekan di Polres maupun pendamping SPN, berilah yang terbaik untuk siswa sehingga bisa melahirkan Brigadir yang Presisi seperti harapan pak Kapolri"pungkas Ka.SPN Polda NTT.

Apel penerimaan siswa juga ditandai dengan Penandatangan Berita Acara Penerimaan Siswa Latihan Kerja SPN Polda NTT dari Ka. SPN Polda NTT kepada Kapolres Belu dan disaksikan oleh Wakapolres Belu dan Perwira SPN Polda NTT.

Apel penerimaan siswa di lapangan apel Polres Belu sore pukul 16.00 wita, dihadiri pejabat utama Polres Belu, Kapolsek jajaran, Perwira Staf, Perwira Pendamping dan mentor SPN Polda NTT,dengan peserta apel dari anggota satuan fungsi Sabhara, Intelkam, Reskrim, Resnarkoba serta staf Polres Belu.

Untuk diketahui, kegiatan Latihan Kerja siswa SPN Polda NTT di Polres Belu, akan berlangsung selama 11 (sebelas) hari, terhirung dari tanggal 1 sampai dengan 12 desember 2021.