Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari Hadiri Uji Coba Makan Bergizi Gratis untuk Ratusan Anak di Perbatasan

Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari Hadiri Uji Coba Makan Bergizi Gratis untuk Ratusan Anak di Perbatasan

Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K bersama Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Lina Benny menghadiri kegiatan uji coba pelaksanaan program makan bergizi gratis untuk ratusan pelajar di kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL, sabtu (14/9/2024).

Pembagian makan Bergizi Gratis yang dipimpin Bupati Belu, dr Agustinus Taolin Sp.PD-KGEH FINASIM, berlangsung di Sekolah TK Kuntum Bahagia Atambua ,SDN Wirasakti Atambua dan SMP Negeri 3 Atambua, Kabupaten Belu.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Forkopimda Belu, Sekda Belu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, sejumlah Pengurus cabang Bhayangkari Belu serta dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Belu.

Selain memantau secara langsung proses uji coba makan bergizi gratis, Ketua Bhayangkari Cabang Belu bersama sejumlah pengurus tampak ikut membagikan kotak makanan yang berisi nasi, sayur, tahu, ikan dan pisang kepada para siswa.

Kepada Awak media,Bupati Belu yang didampingi Kapolres Belu mengungkapkan , kegiatan ini dilakukan untuk menyambut pelaksanaan Program Makan Bergizi Gratis dari Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sehingga pada saatnya nanti Kabupaten Belu sudah siap untuk melaksanakannya.

"Pemberian makan siang hari ini kita mau melihat komposisi makanan dan nilai gizi dan bagaimana penerimaan di anak - anak apakah bisa cukup atau tidak, dan bagaimana nilai gizinya dan hari ini kita lihat antusias anak - anak sangat tinggi dan anak - anak sangat senang menikmatinya dengan lahap dan secara umum porsinya cukup"ungkap Bupati Belu.

"Dan Menu yang disediakan untuk pelajar SD ini nilainya 15 ribu per porsi tetapi di SMP Saya tadi melihat karena usia dan volumenya lebih besar mungkin di angka Rp.20 ribu. Setelah uji coba ini, Kita akan segera melakukan evaluasi internal untuk mengkaji berbagai hal mulai dari persiapan menu, proses, kandungan nilai gizi hingga penyiapan anggaran guna mendukung "tambah Bupati Belu.

Terkait program tersebut, Kapolres Belu mengatakan program makan siang bergizi gratis untuk pelajar tentunya berdampak positif bagi kesehatan siswa dimana Ketika kebutuhan dasar anak-anak terpenuhi, mereka akan lebih sehat dan belajar lebih baik.

"Tentu program ini sangat baik untuk anak-anak kita dimana salah satu manfaat utama dari program makan siang gratis adalah meningkatkan gizi siswa. Dengan mendapatkan makanan bergizi di sekolah, siswa akan memiliki asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka"ungkap Kapolres Belu.

"Nutrisi yang baik juga dapat meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar siswa di kelas.Selain itu, dengan makanan yang bergizi, secara otomatis dapat mengentaskan masyarakat Indonesia khsusnya kabupaten belu dari kekurangan gizi kronis yang berdampak pada stunting dan kekurangan gizi"tambahnya.