Junjung Tinggi Sportivitas, Pesan Kapolres Belu saat Membuka Kejuaraan IKSPI Kera Sakti Cup 1 tahun 2024

Junjung Tinggi Sportivitas, Pesan Kapolres Belu saat Membuka Kejuaraan IKSPI Kera Sakti Cup 1 tahun 2024
Kapolres Belu didampingi Ketua IKS PI Kera Sakti Belu saat membuka Turnamen IKS PI Kera Sakti Cup 1 Tahun 2024

Dalam rangka memperingati hari jadi IKSPI (Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia) Kera Sakti ke 44 tahun 2024,, IKSPI Kera Sakti kabupaten Belu mengadakan Kejuaraan IKS PI Kera Sakti Cup 1 Tahun 2024, di Gelanggang Olahraga L. A. Bone Atambua , Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Minggu (14/01/2024).

Turnamen ini dihadiri Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, Ketua Cabang IKS PI Kera Sakti Kabupaten Belu, Afonso Maya, Kasat Intelkam, AKP Imanuel Lado, ST dan anggota, Perwakilan IPSI serta seluruh peserta turnamen.

Turnamen yang dimulai sekitar pukul 11.00 wita diawali dengan Upacara pembukaan turnamen, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua IKS PI Kera Sakti Belu, Sambutan oleh Kapolres Belu sekaligus membuka secara resmi Pertandingan antar ranting IKS PI Kera Sakti sekabupaten Belu.

Dalam sambutannya, Kapolres Belu mengapresiasi kegiatan yang untuk pertama kalinya dilaksanakan IKS PI Kera Sakti kabupaten Belu sejak berdirinya IKS PI Kera Sakti 44 tahun silam.

Menurutnya kegiatan ini selain mempererat tali silaturahmi juga bisa meningkatkan kualitas diri terutama kalangan muda generasi penerus bangsa.

“Pencak silat ini tidak saja mempererat tali silaturahmi tapi mengajarkan kita tentang kemanusiaan dan ajang untuk mengembangkan diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan serta jauh dari hal hal yang negatif"ungkap Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, orang nomor satu di Polres Belu ini berpesan kepada seluruh peserta yang turun bertanding agar menjunjung tinggi sportivitas serta memperhatikan faktor keselamatan diri.

"Gunakan beladiri untuk hal yang positif, untuk melindungi diri dan orang lain. Mari jadikan ajang ini sebagai momentum untuk meneguhkan bahwa kita siap untuk sportif, tidak hanya di wilayah tanding namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Selamat bertangding"tutupnya.

Untuk diketahui, kejuaraan Pencak Silat mengusung tema “Bangkit untuk kejayaan.” ini diikuti sebanyak 58 orang dan dibagi dalam 5 kelas, yakni :
1) Kelas A (45 - 50 kg) sebanyak 21 orang peserta
2) Kelas B (50 - 55 kg) sebanyak 14 orang peserta
3) Kelas C (55 - 60 kg) sebanyak 10 orang peserta
4) Kelas D (60 - 65 kg) sebanyak 10 orang peserta
5) Kelas F (70 - 75 kg) sebanyak 3 orang peserta