Jelang Operasi Keselamatan Turangga 2023, Seksi Propam Polres Belu Secara Mendadak Cek Sikap Tampang dan Surat-surat Anggota

Jelang Operasi Keselamatan Turangga 2023, Seksi Propam Polres Belu Secara Mendadak Cek Sikap Tampang dan Surat-surat Anggota

Kepolisian Resor Belu selama dua pekan kedepan, akan menggelar operasi Keselamatan Turangga 2022 yang bertujuan meningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas terutama bagi pengguna kendaraan bermotor.

Dan sebagai bentuk kesiapan dan disiplin personil dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kaitan operasi tersebut, Kasi Propam, IPDA Filomena Soares bersama anggota pada senin (6/2/2023) pagi, melakukan pemeriksaaan sikap tampang dan surat-surat kelengkapan milik personel Polri dan ASN Polres Belu.

Usai pelaksanaan apel pagi pukul 08.00 wita, Kasi Propam IPDA Soares bersama anggota melakukan pemeriksaan kerapian anggota meliputi rambut dan jenggot, serta seragam Polisi atau Gampol/

Selain itu, Seksi Propam yang juga didampingi Seksi Pengawasan Polres Belu, juga mengecek surat-surat yang dikantongi anggota antara lain KTP, SIM, STNK serta kartu tanda anggota (KTA).

Kegiatan penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiplin) pagi tadi juga diawasi Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP serta para Kabag, Kasat dan para Perwira Staf Polres Belu.

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengatakan, sebagai anggota Polri yang setiap saat bersentuhan dengan masyarakat, dituntut untuk selalu menjaga penampilan, mengantongi identitas diri dan juga Surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara.

"Mulai besok sampai 14 hari kedepan, Polri secara serentak menggelar operasi keselamatan dimana bertujuan meningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas"jelas Kapolres Belu.

"Tentunya kesiapan kita dalam operasi ini, salah satunya disiplin anggota. Jadi Kita ingin disiplin dimulai dari petugas yang diterjunkan ke lapangan. Jadi kalau masyarakat ditertibkan, maka petugas harus menjadi contoh tertib lebih dahulu. Kita suruh masyarakat disiplin, sementara anggota kita malah berbuat pelanggaran di jalan"tambah Kapolres Belu.

Selain mengecek kesiapan personil, pemeriksaan Penegakan, Ketertiban dan Disiplin (gaktiplin) ini kata Kapolres Belu, sebagai langkah mencegah berbagai bentuk pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh anggota Polri.

"Saya perintahkan Seksi Propam supaya kegiatan Gaktiplin harus terus digalakkan, tidak hanya bertepatan dengan operasi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pelanggaran disiplin serta mencegak kesiapsiagaan anggota dalam memberikan pelayanan masyarakat"terang Kapolres Belu.

"Kita tidak ingin, anggota turun ke masyarakat, surat-suratnya tidak lengkap, pakaiannya pucat, kusut, berewokan dan rambut tidak benar. Dan tadi Saya sudah perintahkan Kasi Propam, agar ditindak lanjuti angggota yang tidak disiplin dalam menjaga penampilan maupun kelengkapan surat-surat diri dan kendaraan"tutup Kapolres Belu.

Untuk diketahui, operasi kesematan akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung dari selasa, 7 februari sampai dengan 20 februari 2023.

Adapun Target Operasinya adalah pelanggaran kasat mata serta pelanggaran yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas antara lain Tidak memakai Helm ber-SNI, Melanggar Rambu, dan Menggunakan Knalpot Racing/Brong.

Pelanggaran lainnya yakni Mengendarai kendaraan dengan Kecepatan tinggi, Mengangkut barang/orang melebihi batas muatan serta mengendarai kendaraan dibawah pengaruh minuman keras (alkohol).