Jamin Keamanan, Polres Belu Turun Penuh Amankan Rapat Pleno Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Jamin Keamanan, Polres Belu Turun Penuh Amankan Rapat Pleno Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Personil Polres Belu melaksanakan pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2024 tingkat kabupaten Belu di ball room hotel Matahari Atambua, kamis (29/02/2024).

Sebelum terjun ke lapangan, sebanyak 78 personil yang terlibat pengamanan melaksanakan apel kesiapan di Mapolres pukul 08.00 wita yang dipimpin Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH.

Usai apel, personil pengamanan kemudian turun ke beberapa titik pengamanan antara lain luar dan dalam Ballroom hotel Matahari (lokasi pleno), cabang Seriti serta persimpangan BRI Cabang Atambua.

Sebelum kegiatan Pleno ini dimulai, anggota kepolisian dibawah kendali Kabag Ops sudah tampak berjaga-jaga di dalam dan diluar balroom hotel matahari serta menutup sejumlah persimpangan jalan menuju hotel.

Sesuai pantauan Humas, Pleno Pemilu 2024 tingkat kabupaten ini dimulai dimulai pukul 10.00 WITA yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia, dilanjutkan dengan Doa oleh kementerian agama kabupaten Belu serta Sambutan oleh ketua KPU kabupaten Belu,Yohanes Seven Ata Palla.sekaligus membuka Rapat Pleno dengan resmi.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang turun langsung memantau jalannya pleno mengungkapkan, pengamanan dilakukan pihaknnya bertujuan mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas sebelum, selama dan sesudah kegiatan.

Selain pengamanan di lokasi pleno dan persimpangan jalan tambah Kapolres,tim siaga dan patroli juga disiapkan untuk melakukan patroli secara rutin sebelum, selama dan sesudah kegiatan pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu tingkat kabupaten.

"Kegiatan hari ini betul-betul krusial sehingga kita maksimalkan kekuatan yang ada untuk melaksanakan pengamanan pleno pertama hari ini. Kita libatkan personel sebanyak 78 orang dengan pengamanan berpusat di ballroom Matahari, persimpangan jalan menuju hotel "tutur Kapolres Belu.

"Ada 1 peleton kita siapkan di mako terdiri dari siaga dalmas dan tim raimas yang secara rutin melaksanakan patroli di dalam kota termasuk kantor KPU, Bawaslu dan gudang KPU. Langkah preventif dan preemtif yang Kita lakukan ini semata-mata untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan selama pleno ini berlangsung"pungkas Kapolres Belu.

Hingga berita ini diturunkan, pelaksanaan rapat pleno Pemilu 2024 tingkat kabupaten ini sendiri masih berlangsung dan dijadwalkan akan selesai pada pukul 22.00 wita malam.