Gelar Apel Kesiapan, Polres Belu dan Jajaran Siap Amankan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Gelar Apel Kesiapan, Polres Belu dan Jajaran Siap Amankan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024, masa kampanye pemilu akan dimulai 28 November 2023 besok sampai dengan 10 Februari 2024.

Guna menjamin keamanan dan kelancaran tahapan pemilu tersebut, Kepolisian Resor Belu didukung Polsek jajaran menandainya dengan pelaksanaan Apel kesiapan pengamanan tahapan Kampanye di lapangan apel Mapolres Belu, senin (27/11/2023).

Apel kesiapan pengamanan kampanye dalam rangka Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP dengan Komandan Upacara, Ipda Evangelino Da Silva, S. H. dan perwira upacara Iptu I Nyoman Sukasada.

Membacakan amanat tertulis Kapolres Belu, Wakapolres Belu menuturkan, apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Kampanye Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Inspektur Apel menambahkan, Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa sebagaimana penyampaian Presiden RI, Ir.H. Joko Widodo bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama.

"Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024, tahapan kampanye yang akan kita amankan selama 75 hari mulai tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024 dimana selama 34 hari pada tahun 2023 dan 41 hari pada tahun 2024"ungkap Inspektur Apel.

"Untuk itu, persiapkan dan laksanakan pengamanan sebaik mungkin, jangan under estimate dengan situasi yang landai, terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayah masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah. Apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas"tambah Inspektur Apel.

Masih dalam sambutannya, Wakapolres Belu menyampaikan sejumlah penekanan pimpinan untuk dipedomani serta dilaksanakan selama pengamanan antara lain meminta kepada seluruh persoenl untuk memastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanaan pengamanan.

Inspektur Apel juga mengimbau anggota untuk melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel;

"Yang Ketiga, Saya minta Para perwira dan Kapolsek jajaran harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing. Kemudian Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat ikut berpartisipasi penuh dalam mendukung Pemilu 2024"ujar Wakapolres Belu.

"Dan terakhir kelima, Tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar personel pam maupun dengan stakeholder terkait guna keberhasilan pengamanan.Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, serta keselamatan kepada kita semua, dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara"pungkas Inspektur Apel.

Apel kesiapan pengamanan kampanye yang dilaksanakan tepat pukul 08.00 wita pagi dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Kapolsek jajaran serta Personil yang masuk dalam pengamanan Kampanye Ops Mantap Brata Turangga 2023-2024.