Dihadiri Ribuan Pendukung, Pendaftaran Dua Balon Bupati dan Wakil Bupati di Hari ke 3 Dijaga Ketat Personel OMP 2024 Polres Belu

Dihadiri Ribuan Pendukung, Pendaftaran Dua Balon Bupati dan Wakil Bupati di Hari ke 3 Dijaga Ketat Personel OMP 2024 Polres Belu
Anggota Polres Belu saat melaksanakan pengamanan pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati di kantor KPUD Belu

Tahapan Pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu, dibuka selama 3 hari yakni dari tanggal 27 s/d 29 agustus 2024.

Untuk menjaga kondusifitas kegiatan tersebut, Kepolisian Resor Belu menerjunkan ratusan personel gabungan yang siap siaga mengamankan jalannnya kegiatan pendaftaran paslon selama 3 hari kedepan.

Dihari terakhir pendaftaran, kamis (29/08/2024), sebanyak 200 personel yang terlibat dalam pengamanan melaksanakan apel kesiapan yang dipimpin Kabag Ops Polres Belu AKP I Nengah Sutawinaya, SH.

Dalam arahannya pagi tadi pukul 08.30 WITA, Kabag Ops mewakili Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K mengimbau anggota yang terlibat pengamanan agar melaksanakan tugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga rangkaian kegiatan pendaftaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Hari ini ada 2 paslon Bupati yang akan mendaftar ke KPU, tentunya sebelum mendaftar ke KPU akan diawali dengan deklarasi dan bakal dihadiri ribuan pendukung masing-masing. Saya minta kegiatan pengamanan, harus mengikuti SOP yang ada serta perhatikan keamanan rekan-rekan masing-masing. Jangan anggap remeh, Kita harus betul betul melakukan pengamanan sesuai prosedur yang ada"kata Kabag Ops.

"Ikuti arahan dari Perwira yang ada dilapangan. Rekan-rekan harus selalu jaga Netralitas karena Polri tidak ada hak suara ataupun memihak. Saya juga ingatkan, Kita jangan melarang bakal calon darimanapun untuk melakukan pendaftaran karena itu hak siapapun. Yang menentukan lolos atau tidaknya itu dari KPU"tambahnya.

Usai pelaksanaan apel, Kabag Ops Polres Belu memfloting anggota untuk beberapa titik pengamanan antara lain tempat deklarasi, kantor KPU, pengawalan dan penyekatan di ruas jalan yang dilalui Paslon dan massa pendukungnya serta pengawalan massa dari luar kota Atambua yang dilakukan oleh personel Polsek yang terlibat dalam operasi.

Dari pantauan Humas, sebelum ke Kantor KPU, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin dan Yulianus Tai Bere (AT-AK) yang terlebih dahulu mendaftar di KPU, melaksanakan deklarasi di GOR Atambua, kecamatan Atambua Barat.

Sementara di tempat berbeda, pasangan calon, Willybrodus Lay dan Vicente Hornai (Paket Sahabat Sejati) bersama ribuan masa pendukung melaksanakan deklarasi di Ballroom Bahagia Atambua yang berlokasi tidak jauh dari GOR Atambua.

Pelaksanaan Deklarasi oleh kedua bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu ini dijaga ketat oleh personel Polres Belu yang melaksanakan pengamanan di lokasi kegiatan dan berjibaku mengatur arus lalu lintas di ruas jalan sekitar tempat deklarasi.

Hingga berita ini diturunkan, personel Polres Belu masih melaksanakan pengamanan ketat di kantor KPU Belu dimana masih berlangsung rangkaian kegiatan pendaftaran dari paslon Sahabat Sejati.

Selain itu, anggota yang ditugaskan di sejumlah persimpangan jalan dalam kota, hingga saat ini masih berada di lokasi guna melakukan penyekatan dan mengatur arus lalu lintas dimana usai mendaftar, paslon Sahabat Sejati dan massa pendukungnya akan membubarkan diri di lapangan umum Atambua.