Ciptakan Iklim yang Sejuk Jelang KTT Asean ke-42, Polres Belu dan TNI Bersinergi Gelar Patroli Malam di Tempat-tempat Ini

Ciptakan Iklim yang Sejuk Jelang KTT Asean ke-42, Polres Belu dan TNI Bersinergi Gelar Patroli Malam di Tempat-tempat Ini

Guna mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas, Polres Belu melalui Satuan Samapta bersama Kodim 1605 Belu dan Subdenpom IX/1-3 Atambua, bersinergi menggelar patroli malam di wilayah kota Atambua, sabtu (6/5/2023).

Sebelum pelaksanaan patroli, Personel TNI Polri melaksanakan apel kesiapan di lapangan apel Mapolres pukul 19.00 wita yang dipimpin Kaur Bin Ops Samapta, IPDA Asep Ruspendi.

Usai mendapat arahan singkat dari KBO Samapta, personel gabungan di wilayah tapal batas RI-RDTL ini menggelar patroli dengan sasaran pasar lama, kompleks pasar baru,pusat perbelanjaan, tempat hiburan, obyek vital serta sejumlah tempat yang dianggap rawan kamtibmas.

Dalam patroli gabungan ini, anggota kepolisian dan TNI membubarkan sekelompok remaja yang asyik nongkrong di pinggir jalan seputaran pasar baru, emperan toko dan taman kota Atambua.

Selain itu, aparat gabungan juga membubarkan masyarakatn yang menggelar praktek judi bola guling tepatnya di wilayah kelurahan Beirafu Atambua.

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K mengungkapkan, kegiatan cipta kondisi ini di gelar untuk mencegah gangguan kejahatan, ketertiban dan keamanan yang bisa terjadi di Wilayah Kabupaten Belu.

"Kegiatan ini sifatnya preemtif atau imbauan untuk masyarakat. Pada intinya Kita ingin situasi Atambua selalu kondusif khususunya menjelang pelaksanaan KTT Asean ke-42  di Labuan Bajo. Dalam patroli tersebut, anggota kita bersama rekan-rekan TNIi juga membubarkan anak-anak muda yang suka ngumpul sampai larut malam"kata Kapolres Belu.

"Ini kita lakukan karena biasanya kalau ngumpul rentan dengan masalah apalagi kalau nongkrong sambil meneguk minuman keras dan biasanya mengarah ke balapan liar yang tentunya membuat resah masyarakat yang butuh istirahat.Kemudian juga Tim patroli mengimbau para pengunjung dan pekerja di tempat hiburan malam untuk tidak menggunakan Narkoba dan minuman keras yang nantinya berujung pada gangguan kamtibmas"pungkas Kapolres Belu.

Kegiatan ini juga tambah Kapolres Belu, sebagai bentuk sinergitas dan kekompakan sesama aparat keamanan di perbatasan RI-RDTL (Timor Leste).

"Selain karena sudah menjadi tugas pokok kita, kegiatan patroli bersama ini dikemas sebagai bentuk sinergitas dan kekompakkan TNI Polri yang selama ini telah dirawat dengan baik "kata Kapolres Belu.

"Kita tunjukkan bahwa TNI Polri akan selalu solid dan selalu kompak dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pemerintah, baik dalam penanganan covid-19 dan juga menjaga harkamtibmas khususnya di wilayah tapal batas ini"pungkas Kapolres Belu.