Bersama Jaga Keamanan, Polres Belu Gandeng Ormas SOBAT dan Dua Perguruan Silat Amankan Tempat Wisata di Libur Tahun Baru

Bersama Jaga Keamanan, Polres Belu Gandeng Ormas SOBAT dan Dua Perguruan Silat Amankan Tempat Wisata di Libur Tahun Baru

Jajaran Kepolisian Resor Belu terus melakukan berbagai upaya dalam rangka memberikan jaminan keamanan yang kondusif bagi masyarakat.

Upaya nyata kepolisian kembali terlihat dengan melaksanakan pengamanan di sejumlah objek wisata yang ada diwilayah kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu.

Adapun tempat wisata yang diamankan anggota gabungan Polres Belu, Polsek Kakuluk Mesak dan Sat Pol Airud pada awal tahun baru 2024, antara lain pantai sukaerlaran, pasir putih serta lokasi wisata yang paling ramai dikunjungi masyarakat saat ini yakni Patung Bunda Maria di teluk Gurita.

Dalam pengamanan yang berlangsung selama 2 hari berturut-turut ini yakni pada senin dan selasa (2/01/2024), Polres Belu juga menggandeng sejumlah Ormas (Organisasi kemasyarakatan) antara lain Solidaritas Belu Bersatu (Sobat), pencak silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate ) serta Perguruan Ikatan Pencak Silat Kera Sakti (IKS) cabang Belu.

Dari pantauan Humas di pantai Sukaerlaran siang tadi, tampak sejumlah Pemuda SOBAT, IKS dan PSHT bersinergi melaksanakan pengamanan dengan berbaur bersama anggota kepolisian yang melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di lokasi tersebut.

Di sela pengamanan, Kasat Intelkam, AKP Imanuel Lado, ST yang didampingi Kanit III, Kanit IV dan anggota Intelkam yang melaksanakan pengamanan tertutup, mengucapkan terima kasih kepada para pemuda dari ketiga Ormas tersebut yang sudah meluangkan waktu. bersama-sama Polri melaksanakan pengamanan di tempat wisata.

Dirinya juga berpesan agar selama pengamanan, untuk tidak melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan gesekan seperti mengkosumsi miras atau lainnya melainkan tetap menjaga kekompakan dalam memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat yang datang merayakan tahun baru di tempat wisata.

Kapolres Belu AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak S.I.K mengungkapkan, pengamanan tersebut bertujuan mencegah sekaligus mengantisipasi sejak dini kemungkinan negatif yang terjadi, baik itu gangguan kamtibmas maupun laka lantas.

"Pengamanan di mulai dari jam 9 pagi, Khusus di wilayah Kakuluk Mesak ada 3 titik tempat wisata yang kita amankan dimana ketiga lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi warga saat hari libur yakni pantai sukaerlaran, teluk gurita dan pasir putih"jelas Kapolres Belu.

"Dan masing-masing titik pengamanan di pimpin dua Perwira Pengendali yang bertugas untuk mengendalikan anggota di lapangan dan rutin mengirimkan laporan ke Saya setiap perkembangan dilapangan selama pengamanan berlangsung"tambah Kapolres Belu.

Orang nomor satu di Polres Belu ini menambahkan, kegiatan pengamanan yang melibatkan sejumlah Ormas ini merupakan upaya mengajak untuk turut serta menjaga keamanan dan ketentraman di masyarakat termasuk dalam rangkaian tahapan Pemilu 2024 mendatang.

Dengan kerukunan dan persaudaraan yang terus dibangun oleh dua perguruan Pencak Silat dan Ormas Sobat tersebut, niscaya konflik yang sering terjadi, dengan sendirinya akan hilang dan digantikan dengan bersama-sama membangun kabupaten Belu ke arah yang lebih baik. 

"Tentunya dari Polri mengapresiasi dan berterima kasih kepada saudara-saudara Kita dari Sobat, PSHT dan IKS yang sudah menjalankan komitmenya dengan bersama Polri menjaga kamtibmas, Ini sudah terlihat dari pengamanan Ibadah Natal kemarin di Gereja-gereja dan hari ini bersama-sama Kami mengamankan tempat wisata di Kakuluk Mesak dimana ribuan pengunjung terlihat hadir dsana (tempat wisata)"ungkap Kapolres Belu.

"Harapan kami, saudara-saudara Kita dari Sobat, PSHT dan IKS untuk terus mendukung tugas pokok kami (Polri) demi terus menciptakan situasi yang sejuk dan damai di kabupaten Belu terlebih dalam pengamanan Pemilu 2024 yang sudah didepan mata. Apabila terjalin kerjasama yang baik antara Polri dengan seluruh elemen masyarakat, maka yang menjadi halangan dalam pelaksanaan tugas terkait kamtibmas, akan cepat diselesaikan dengan baik serta dapat Kita minimalisir”pungkas Kapolres Belu.