Beri Penghormatan Terakhir, Polres Belu Gelar Upacara Pemakaman Almarhum IPDA Yesaya Lontorin

Beri Penghormatan Terakhir, Polres Belu Gelar Upacara Pemakaman Almarhum IPDA Yesaya Lontorin

Kepolisian Resor Belu menggelar Upacara pemakaman Almarhum Inspektur Polisi Dua (IPDA) Yesaya Lontorin, rabu (20/12/2023).

Upacara secara kedinasan Polri yang dimulai pukul 11.00 WITA, ditandai dengan penyerahan jenazah oleh keluarga yang berlangsung di rumah duka yakni di Lesepu, kelurahan Manumutin, kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu

Upacara penyerahan Jenazah dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP dengan Perwira Upacara, Kasatres Narkoba, AKP Syamsul Arifin, SH dan Komandan Upacara, Kaur Bin Ops Samapta, IPDA Asep Ruspendi.

Membacakan amanat Kapolres Belu, Wakapolres Belu mengungkapkan, selama bertugas di Kepolisian hingga tutup usia, Almarhum IPDA Yesaya Lontorin telah melaksanakan tugasnya secara baik dimanapun ia ditempatkan.

Lanjutnya, Almarhum telah memberikan kesan dan penilaian yang sangat positif, begitu juga pandangan masyarakat terhadap Almarhum sangat baik, sehingga hal ini dapat menjadi suri tauladan bagi anggota Polri dan masyarakat.

“Selama aktif di kepolisian hingga tutup usia, Almarhum adalah salah satu anggota Polri yang patut dihargai, dihormati, terutama melaksanakan tugas di Kepolisian dimanapun ia ditempatkan, karena memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi “tutur Wakapolres Belu.

“Saya atas nama Pimpinan Polri dan seluruh keluarga besar Polres Belu serta Bhayangkari, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan menyatakan rasa turut berduka cita atas berpulangnya Almarhum, dengan harapan dan doa Kami, semoga Arwah Almarhum dapat diterima di sisi Tuhan sesuai dengan amal bhaktinya”lanjut Wakapolres Belu.

Kepada Istri dan anak-anak serta rumpun keluarga yang ditinggalkan, Wakapolres Belu berharap kiranya keluarga selalu mendapat penghiburan dan keteduhan iman dalam menata hidup sehari-harinya.

Menutup amanat Kapolres Belu, Wakapolres Belu mengajak seluruh tamu undangan untuk memberikan maaf atas segala kekhilafan Almarhum semasa hidup, baik sengaja maupun tidak disengaja agar Almarhum dengan tenang menuju alam peristirahatan yang kekal dan abadi.

Pemakaman Almarhum IPDA Yesaya Lontorin berlangsung di pemakaman keluarga tepatnya di belakang kediaman Almarhum di Lesepu, kelurahan Manumutin, kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Seluruh tamu undangan, memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah diturunkan ke liang lahat yang diiringi dengan tembakan Salvo oleh satu regu Dalmas Sat Sampata Polres Belu.

Upacara pemakaman yang berlangsung penuh haru ini dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Brigadir dan PNS Polri Polres Belu serta staf pengurus Cabang Bhayangkari Belu.

Hadir juga sejumlah Perwira dan Brigadir Polres Malaka, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua, Purnawirawan Polri serta ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Almarhum IPDA Yesaya Lontorin yang tutup usia dengan jabatan terakhir sebagai Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Malaka ini, menghembuskan nafas terakhir, Minggu, 17 Desember 2023 pukul 03.00 Wita di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) T C Hillers Maumere, kabupaten Sikka karena sakit.

Kepergian mantan Kapolsek Lamaknen Polres Belu untuk selama-lamanya ini, meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga khususnya istri, 2 (dua) orang anak serta 1 (satu) cucu.