Asah Kemampuan Sekaligus Pupuk Sinergitas, Personel Polres Belu Gelar Latihan Menembak di Markas Kavaleri KKA Atambua

Asah Kemampuan Sekaligus Pupuk Sinergitas, Personel Polres Belu Gelar Latihan Menembak di Markas Kavaleri KKA Atambua

Guna mengasah kemampuan personel Polri dalam hal menembak menggunakan senjata api, Kepolisian Resor Belui kembali menggelar latihan menembak berkala, jumat (15/12/2023).

Latihan menembak yang dilaksanakan di lapangan tembak Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga (KKA) Kodam IX/Udayana, di Desa Derok Faturene, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, dihadiri Kabag SDM, KOMPOL Yunior T.M Duill, para Kasat, Perwira Staf, Kapolsek jajaran, Perwira Staf serta anggota Brigadir Polres Belu.

Dari pantauan Humas, sebelum latihan menembak dimulai, para peserta terlebih dahulu mendapat pengarahan dan petunjuk dari Kabag SDM yang didampingi  Letda KAV Jefry dari Kompi Kavaleri KKA Atambua.

Para peserta latihan juga mendapatkan petunjuk dari Instruktur/pelatih cara menggunaan senjata api laras pendek dan laras panjang serta mekanisme pelaksanaan pada saat latihan.

Dalam latihan menembak tersebut, tampak Kabag SDM bersama Perwira dan anggota yang hadir, mengasah ketrampilan menembak menggunakan senjata pendek (Revolver) dan laras panjang jenis AK dan SS1 dengan latihan digelar dalam posisi berdiri tegak dan tiarap dengan memfokuskan perhatian serta arah senjata api ke sasaran tembak.

Latihan menembak ini kata Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K adalah selain meningkatkan kemampuan dan memperkenalkan senjata api kepada anggota namun juga sebagai salah satu syarat untuk pinjam pakai senjata api dinas.

"Menembak merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap anggota kepolisian. Dalam hal pinjam pakai Senpi misalnya, pertama anggota harus lulus tes psikologi dan setelah itu harus mampu menggunakannya (senpi) dan terakhir baru di kasih rekomendasi pinjam pakai Senpi" kata Kapolres Belu.

"Dan dalam tahun ini kita telah 2 kali menggelar latihan serupa di mana semester I digelar di Markas Yonif RK 744/SYB dan semester II ini dilakukan di Kavaleri. Dengan latihan berkala ini juga, Kita ingin melihat dan mengukur sejauh mana kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api. Dan ini (latihan menembak) akan terus kita lakukan secara bertahap, guna menambah keterampilan serta kemahiran dasar anggota"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan kegiatan yang diadakan di Markas Kavaleri ini diharapkan semakn memantapkan sinergitas TNI-Polri yang selama ini terjalin cukup baik.

"Kita berharap, dengan kegiatan seperti ini. tali silahturahmi diantara TNI Polri  yang ada di Kabupaten Belu dapat terus terjaga dengan baik. Kebersamaan seperti ini hendaknya dapat dijadikan sebagai sebuah momentum untuk terus memperkokoh sinergitas dan solidititas yang sudah tercipta dengan sangat baik"kata Kapolres Belu.

"Dan disini juga kita ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat, bahwa inilah wujud sinergitas kita dengan seluruh elemen yang ada bahwa NKRI sebagai harga mati, TNI-Polri adalah satu" pungkas Kapolres Belu.