Upacara Kedinasan Polri, Hantarkan AKP Purn. Eximus Panie Menuju Tempat Peristirahatan Terakhir

Upacara Kedinasan Polri, Hantarkan AKP Purn. Eximus Panie Menuju Tempat Peristirahatan Terakhir

Kepolisian Resor Belu menggelar Upacara pemakaman Almarhum Ajun Komisaris Polri (AKP) Purnawirawan, Eximus Policarpus Panie, senin (20/3/2023).

Upacara secara kedinasan Polri yang dimulai pukul 13.00 WITA, ditandai dengan penyerahan jenazah oleh keluarga yang berlangsung di rumah duka yakni di Kimbana, desa Bakustulama, kecamatan Tasifeto Barat,Kabupaten Belu

Upacara penyerahan Jenazah dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dalam hal ini diwakili Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH dengan Komandan Upacara, Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim.

Membacakan amanat singkat Kapolres Belu, Kabag Ops mengungkapkan, selama bertugas di Kepolisian hingga memasuki pensiun pada tahun 2016, Almarhum AKP Purn. Eximus Panie telah melaksanakan tugasnya secara baik dimanapun ia ditempatkan.

“Selama aktif di kepolisian hingga memasuki pensiun, Almarhum adalah salah satu anggota Polri yang patut dihargai, dihormati, terutama melaksanakan tugas di Kepolisian dimanapun ia ditempatkan, karena memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi “kata Kabag Ops.

“Saya atas nama Pimpinan Polri dan seluruh keluarga besar Polres Belu serta Bhayangkari, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan menyatakan rasa turut berduka cita atas berpulangnya Almarhum, dengan harapan dan doa Kami, semoga Arwah Almarhum dapat diterima di sisi Tuhan sesuai dengan amal bhaktinya”lanjut Kabag Ops membacakan amanat dari Kapolres Belu.

Penyerahan jenazah oleh keluarga kepada Kabag Ops Polres Belu selaku Irup untuk dimakamkan secara kedinasan Polri

Kepada anak-anak serta rumpun keluarga yang ditinggalkan, Kabag Ops berharap kiranya keluarga selalu mendapat penghiburan dan keteduhan iman dalam menata hidup sehari-harinya.

Menutup amanatnya, Kabag Ops mengajak seluruh tamu undangan untuk memberikan maaf atas segala kekhilafan Almarhum semasa hidup, baik sengaja maupun tidak disengaja agar Almarhum dengan tenang menuju alam peristirahatan yang kekal dan abadi.

Pemakaman Almarhum AKP Purn. Eximus Panie berlangsung di pemakaman keluarga tepatnya di belakang kediaman Almarhum di Kimbana, desa Bakustulama.

Seluruh tamu undangan, memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah diturunkan ke liang lahat yang diiringi dengan tembakan Salvo oleh satu regu Dalmas Sat Sampata Polres Belu.

Upacara pemakaman yang berlangsung ditengah gerimis ini dihadiri para Perwira Staf, Brigadir dan ASN Polri Polres Belu, staf pengurus Bhayangkari, serta ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Almarhum AKP Purn. Eximus Panie menghembuskan nafas terakhir di RSUD Atambua, sabtu tanggal 18 Maret 2023 pukul 01.10 wita di Rumah sakit umum Daerah Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua karena sakit.