Turun ke SD Kelas Jauh Halimuti, AIPDA Iwan Diliyanto Dampingi Puskesmas Gelar Vaksinasi Merdeka Anak

Turun ke SD Kelas Jauh Halimuti, AIPDA Iwan Diliyanto Dampingi Puskesmas Gelar Vaksinasi Merdeka Anak

Dalam rangka akselerasi vaksinasi covid-19 di wilayah tapal batas RI-RDTL (Timor Leste) Kepolisian Resor Belu terus mendukung dan melancarkan program pemerintah terkait vaksinasi merdeka untuk anak berusia 6 smpai 11 tahun.

Salah satu upaya tersebut dilakukan personil Polsek Tasifeto Timur melalui Bhabinkamtibmas, AIPDA Iwan S. Diliyanto, dengan melakukan pendampingan vaksinasi anak yang berlangsung di SDI Kelas jauh Halimuti, dusun Halimuti, desa Silawan, kecamatan Tasifeto Timur, kabupaten Belu, sabtu (29/1/2022).

Kegiatan vaksinasi di SD yang menginduk pada SDI Motaain, desa Silawan ini,dihadiri Kepala Puskesmas Silawan, Tim Vaksinator beserta staf medis Puskesmas Silawan, para guru serta orangtua murid.

Dari laporan yang diterima, sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 56 pelajar SD dan 4 orang remaja, menjalani tahapan pelaksanaan vaksinasi yang diantaranya pengisian blangko dan pendaftaran, tensi darah serta screening kesehatan dan edukasi vaksinasi covid-19 yang dilayani tenaga vaksinator dan staf medis puskesmas Silawan.

Selesai menjalani vaksinasi, para peserta dipersilahkan untuk beristirahat 30 menit untuk mengantisipasi KIPI ( Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ) serta diberikan kartu vaksin dan edukasi pencegahan Covid-19.

Kepada Humas, AIPDA Iwan biasa disapa mengatakan, pengamanan dan pendampingan yang dilakukan dari pagi pukul 09.00 witta hingga pukul 14.00 wita, bertujuan untuk menjamin kelancaran serta memaksimalkan akselerasi vaksinasi covid-19 yang ditargetkan mencapai 100 persen di bulan April mendatang.

Aipda Iwan mengakui, pihak sekolah dan orang tua wali murid sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini, karena memiliki manfaat yang sangat penting untuk kekebalan tubuh di tengah pandemi covid-19 yang belum mereda.

“Sasaran peserta sebanyak 60 orang namun yang lolos screening dan menjalani vaksinasi sebanyak 54 orang, terdiri dari pelajar SD 50 orang dan remaja 4 orang. Untuk vaksin dosis 1 yang diberikan adalah jenis Sinovac"ungkap AIPDA Iwan.

“Dan untuk pelaksanan hari ini berjalan aman dan lancar. Pihak sekolah dan wali murid sangat mendukung agar anak-anak mereka dapat terhindar dari penularan virus Corona (Covid-19) sekaligus mempersiapkan kegiatan belajar Tatap Muka. Dan untuk pendampingan seperti ini, akan terus kami lakukan di gerai vaksinasi maupun di sekolah-sekolah lainnya yang ada di wilayah desa Silawan, untuk menjamin pelaksanaannya berjalan aman dan tertib” pungkas AIPDA Iwan.

Pada kesempatan tersebut, AIPDA Iwan yang bertugas sebagai anggota Bhabinkamtibmas desa Silawan ini mengajak anak-anak yang telah divaksin supaya tetap menerapkan protokol kesehatan atau 5 M di manapun berada.

"Untuk adik-adik yang sudah melakukan vaksinasi hari ini, saya mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan merasa sudah di vaksin lalu mengabaikan protokol kesehatan. Para orangtua harus mengawasi anak-anaknya agar tidak sembarangan berkerumun di luar"pesan Bhabin.

"Kita harus tetap patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena itu demi keselamatan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19"tambah Bhabin.