Soliditas untuk Kemanusiaan, Polres Belu Bersama TNI dan Brimob Kompak Donor Darah Sambut Hari Bhayangkara ke 76

Soliditas untuk Kemanusiaan, Polres Belu Bersama TNI dan Brimob Kompak Donor Darah Sambut Hari Bhayangkara ke 76

Menyambut hari Bhayangkara ke 76, 1 juli 2022 mendatang, Kepolisian Resor Belu bekerja sama dengan Palang Merah Kabupaten Belu, menggelar kegiatan bakti sosial donor darah, selasa (7/6/2022).

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di aula Bhayangkari, melibatkan personil Polres Belu dan Bhayangkari serta turut didukung personil Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, Kodim 1605 Belu, Yon RK 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL, Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga (Kikav), Atambua serta personil Sat Pol PP kabupaten Belu.

Dari pantauan Humas pagi tadi pukul 08.00 WITA, sebelum dilakukan donor darah, para peserta melakukan tensi darah, golongan darah dan hemoglobin, yang dilayani tenaga medis dari Klinik Pratama Polres Belu, PMI dan tenaga medis dari Brimob Atambua.

Setelah di nyatakan lolos dalam kriteria pendonor, Personil TNI, Polri dan Sat Pol PP serta sejumlah istri Polri langsung berbaring dan melakukan proses donor darah yang dilayani oleh petugas dari PMI kabupaten Belu.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang langsung memantau kegiatan donor darah tersebut mengatakan, kegiatan amal ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap sesama demi menyelamatkan jiwa manusia disaat memerlukan darah untuk kelangsungan hidup.

Selain momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan dan menjaga soliditas dengan instansi terkait, aksi tersebut lanjut Kapolres Belu, juga memberikan manfaat yang besar kepada pendonor itu sendiri.

"Ini (donor darah) rutin Kita laksanakan dalam menyambut Hari Bhayangkara dan hari ini dilaksanakan serentak di jajaran Polda NTT. Dan selama ini TNI-Polri sudah sering bersama-sama menggelar kegiatan amal seperti ini karena prinsip Kita kalau kebersamaan ini terus dijaga, maka TNI-Polri kedepannya akan semakin kuat”kata Kapolres Belu.

"Dan selain membantu menyelamatkan hidup orang lain, ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan mendonorkan darah antara lain menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, menurunkan berat badan, mengusir hipertensi dan lain sebagainya"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Polres Belu ini mengatakan, sebanyak 60 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan amal ini.

60 kantong darah lanjut Kapolres Belu terdiri dari Golongan darah A : 18 kantong, B 14 kantong, AB 5 kantong dan golongan darah O sebanyak 23 kantong.

"Ada ratusan personil dan Bhayangkari yang hadir mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya. Namun setelah diuji kesehatannya, hanya 60 peserta yang dinyatakan lolos dalam kriteria pendonor"jelas Kapolres Belu.

"Dan darah yang diperoleh dari pendonor ini nantinya akan kita distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kab.Belu. Harapan kita, dengan tambahan darah ini, mudah-mudahan keluarga pasien di RS tidak kesulitan dan terbebani karena harus mencari bantuan darah guna menyelamatkan nyawa pasien"pungkas Kapolres Belu.

Turut hadir dalam kegiatan donor darah menyambut Hari Bhayangkara ke 76, antara lain Dandim 1605 Belu, Letkol Inf.Wiji Untoro, Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, Danki Kikav Atambua, pejabat utama Polres Belu serta Sektetaris PMI Belu.