Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Biro Rena Polda NTT Laksanakan Asistensi dan Evaluasi Pelayanan Publik di Polres Belu

Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Biro Rena Polda NTT Laksanakan Asistensi dan Evaluasi Pelayanan Publik di Polres Belu

Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan publik pada Polres jajaran Polda NTT, Tim Biro Rena dipimpin langsung Karo Rena Polda NTT Kombes Pol, R. Dadik Junaedi Supri Hartono, melaksanakan asistensi pada Unit Pelayanan Publik di Polres Belu, senin (29/5/2023).

Kedatangan tim asistensi di Mapolres Belu sekitar pukul 12.30 wita, disambut langsung Kapolres Belu AKBP Richo Nataldo D. Simanjuntak, S.I.K. Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP serta Para Pejabat Utama Polres Belu.

Sebelum dimulainya asistensi, kegiatan diawali dengan tatap muka di aula Wira Satya Mapolres, yang dihadiri Karo Rena Polda NTT beserta Tim, Kapolres Belu, Wakapolres, para pejabat utama Polres serta operator dari masing-masing unit pelayanan publik.

Membuka kegiatan tatap muka, Kaplores Belu menyampaikan terima kasih dengan adanya asistensi ini diharapkan seluruh hasil evaluasi dapat dijadikan sarana untuk memperbaiki kinerja pelayanan di jajaran Polres Belu.

Kapolres Belu saat membuka kegiatan asistensi oleh Biro Renda Polda NTT di aula Wira Satya

Sementara Karo Rena Polda NTT mengatakan, kegiatan asistensi ini merupakan agenda rutin tahunan guna memantau dan mengevaluasi kinerja pelayanan publik di Polres jajaran Polda NTT.

"Kegiatan asistensi ini kita laksanakan dari tanggal 24 mei sampai dengan 3 juni 2023. Ada 6 Polres jajaran yang menjadi sasaran asistensi kita, dimulai dari Polres kota kupang, lanjut Polres Belu, Malaka, TTU dan terakhir Polres TTS. Ini (asistensi) adalah kegiatan rutin tahunan dalam rangka pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik"kata Karo Rena membacakan sambutan dari Kapolda NTT, Irjen Pol.Drs.Johni Asadoma, M.Hum.

"Pelaksanaan evaluasi atau pemantauan ini bukan hanya sekedar menghasillkan angka indeks tetapi diharapkan terjadinya peningkatan kinerja pelayanan publik secara berkala dan yang terpenting memenuhi harapan masyarakat dan membangun kepercayaan publik yang positif. Apabila dalam hasil pengamatan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, nilai c, d atau E, maka akan diadakan evaluasi bagi para pejabat penyelenggara pelayanan publik tersebut"lanjut Karo Rena Polda NTT.

Usai kegiatan tatap muka,  Tim Asistensi Pelayanan Publik dari Bag RBP Biro Rena Polda NTT melaksanakan Pendalaman pengecekan Formulir F01 pada Satuan Lalu Lintas dan Satuan Intelkam terkait Pelayanan Publik di Polres Belu 

Setelah melakukan pendalaman, Karo Rena Polda NTT bersama Tim di dampingi Kapolres Belu dan PJU Polres Belu, meninjau Ruang Pelayanan Publik di Pelayanan SKCK, Pelayanan Sidik Jari, dan Pelayanan SIM Polres Belu.