Gandeng Kodim 1605 Belu dan Brimob, Simak Video Kapolres Belu Pimpin Langsung Latihan TFG Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Gandeng Kodim 1605 Belu dan Brimob, Simak Video Kapolres Belu Pimpin Langsung Latihan TFG Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Setelah sehari sebelumnya menggelar kegiatan pembekalan dan Tactical Wall Game (TWG), Polres Belu pada rabu (11/10/2023) menggelar pelatihan tactical floor game (TFG) di aula Wira Satya lantai 2 mapolres, kamis (8/10/2020).

Kegiatan TFG yang merupakan salah satu rangkaian dari latihan pra operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 ini dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang dihadiri Dandim 1605 Belu yang diwakli Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1605/Belu Mayor Kav Yatman dan Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua.

Hadir juga sejumlah Perwira Polres Belu diantaranya Kabag SDM, Kabag Ops Polres, Kasat Intelkam, Kasat Samapta Kasat Binmas, para Kapolsek jajaran, sejumlah Perwira Staf serta seluruh personel Polri yang tergabung dalam enam satuan tugas (satgas) pengamanan Pemilu.

Dalam tayangan video dibawah ini, dilakukan semua skenario tentang setiap tahapan Pemilu mulai dari situasi aman, hingga pelatihan sistem pengamanan kota (sispamkota) saat terjadi situasi kontijensi seperti unjuk rasa dan kerusuhan hingga situasi dapat dikendalikan.

Kegiatan TFG ini juga menampilkan peran dan sinergitas Polres Belu dengan personel Kodim 1605 Belu dan Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua dalam mengendalikan situasi akibat unjuk rasa yang dilakukan oleh massa pendukung calon Presiden dan Wakil Presiden, yang tidak puas menerima hasil Pemilu.

Kapolres Belu mengungkapkan, pelatihan TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan gambaran, strategi dan langkah yang harus dilakukan setiap Satgas dalam operasi Mantap Brata dalam kondisi aman maupun apabila terjadi situasi kontijensi terhadap kondusifitas Kamtibmas dalam pengamanan Pemilu nantinya.

"Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang pergerakan dan tugas dari masing-masing personel serta bagaimana koordinasi antar-satgas dan kemudian bagaimana koordinasi dan komunikasi pada saat menerima informasi dan arahan dari para pimpinan yang berada di lapangan"ungkap Kapolres Belu.

“Dan dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan ini, diharapkan seluruh personel mengerti dan tahu bagaimana harus bertindak nantinya bilamana terjadi gejolak saat pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu Walaupun kita semua berharap situasi wilayah Kabupaten Belu dalam Pemilu selalu aman dan kondusif” ucapnya.

Berikut video latihan TFG Polres Belu Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu Serentak tahun 2024: