Silaturahmi dengan Para Tokoh di Naitimu, Kapolres Belu Minta Warga Jangan Mudah Terhasut Berita Hoax

Silaturahmi dengan Para Tokoh di Naitimu, Kapolres Belu Minta  Warga Jangan Mudah Terhasut Berita Hoax

Sejak perhelatan Pilkada serentak tahun 2020 bergulir, akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Jika tidak ada kehati-hatian, masyarakat pengguna media sosial pun dengan mudah termakan tipuan hoax bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu. Bila terjadi demikian, maka akan merugikan diri sendiri serta orang lain yang menjadi sasaran berita hoax.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si saat menggelar silaturahmi bersama sejumlah Tokoh Agama, Politik, Adat, Pemuda dan tokoh masyarakat serta RT dan RW  yang ada di desa Naitimu, kecamatan Tasifeto Barat, rabu (28/10/2020).

Untuk tidak terjebak dalam konten-konten Hoax ,Kapolres Belu mengimbau masyarakat supaya membaca ataupun menshare berita dari sumber yang jelas agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

"Sekarang banyak situs dan netizen yang abal-abal, suka melayangkan konten-konten hoax. Jadi pintar-pintar Kita menyikapinya. Kalau belum pasti informasinya, sebaiknya tidak mudah Kita bagikan karena belum tentu itu (informasi) benar"kata Kapolres Belu.

"Kalau seandainya salah atau bohong, maka Kita akan terjerat kasus hukum. Apalagi sekarang musim Pilkada yang mana segelintir orang mau menjatuhkan satu sama lain"lanjut Kapolres Belu.

Masih terkait penggunaan media sosial, mantan Kapolres Sumba Barat ini mengimbau masyarakat, agar tidak lepas kontrol dengan saling menyerang sesama pendukung lain, karena yang demikian akan berujung pada pelanggaran hukum.

"Kami minta bapak-bapak dan ibu-ibu yang hadir, kiranya mengimbau masyarakat Kita untuk tidak sebarkan atau posting hal-hal yang menjurus pada ujaran kebencian. Kritik boleh, asal menjaga etika dan tidak menyinggung perasaan orang lain"ajak Kapolres Belu.

"Kemudian juga tidak usah kita umbar - umbarkan kejelekan seseorang yang bisa menimbulkan permusuhan. Mari kita jaga masa kampanye ini agar bisa berjalan dengan aman dan sejuk"pinta Kapolres Belu.

Acara Silaturahmi yang digelar di balai kantor desa Naitimu ini, turut dihadiri Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie, Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsus Hale Mau, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Lantas, AKP Ruliyanto Junaedi Putera Pahroen, S.Sos, S.I.K, Danramil 1605 - 06 Halilulik,Kapten Inf Jemri Evertson Mamengk, Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Marthins Madeira dan Kepala Desa Naitimu, Norbertus Moa .

Pejabat Polres lainnya yang turut hadir di acara ini antara lain Kasat Samapta, IPTU I Ketut Setiasa, SH, Kasat Binmas, IPTU Filomena Bene Bere, SH, Kasi Propam, IPDA Taufan Ardiansyah, SH serta Kanit PPA Sat Reskrim, IPDA Anggraeni Angelia Isabela, S.Tr.K.

Usai kegiatan silaturahmi, Kapolres Belu didampingi Kepala desa Naitimu dan pejabat utama, menggelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada sejumlah masyarakat tidak mampu di desa Naitimu.