Setelah Rapat Lintas Sektoral, Polres Belu Gelar Latihan Kesiapan Pelaksanaan Operasi Zebra Turangga 2022

Setelah Rapat Lintas Sektoral, Polres Belu Gelar Latihan Kesiapan Pelaksanaan Operasi Zebra Turangga 2022
Wakapolres Belu didampingi Kabag Ops Polres Belu, membuka kegiatan Lat Pra Ops Zebra Turangga 2022

Setelah selasa (27/9/2022) kemarin menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, Kepolisian Resor Belu pada jumat (30/9/2022) pagi pukul 08.30 wita, menggelar latihan pra operasi Operasi Zebra Turangga 2022.

Latihan pra operasi yang digelar di aula Wira Satya Polres Belu mengambil tema "Melalui latihan pra operasi Kepolisian, Polres Belu siap menciptakan situasi kondusif kamseltibcarlantas menjelang Natal Tahun 2022 dan Tahun baru 2023 di tengah pandemi covid-19 di wilayah hukum Polres Belu".

Tujuan Latihan Pra Operasi ini kata Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, sebagai penyamaan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Untuk itu, Wakapolres yang membuka langsung kegiatan lat pra tersebut, meminta semua anggota yang dilibatkan dalam operasi zebra, serius mengikuti latihan agar tidak keliru dalam bertindak dilapangan.

“Latihan pra operasi merupakan rangkaian manajemen dalam rangka persiapan ops Zebra. Saya minta teori yang sudah diterima harus di aplikasikan dilapangan. Kita harus tahu target, sasaran, cara bertindak sehingga operasi ini bisa berjalan dengan baik” kata Wakapolres Belu.

“Dan sasaran Kita meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lantas seperti muatan berlebih, melawan arus, Knalpot tidak sesuai standar, kendaraan yang menggunakan rotator, kendaraan dengan TNKB Luar NTT, Kendaraan Dengan TNKB Hitam / Pribadi yang dijadikan Travel Liar serta lainnya”lanjut Wakapolres Belu.

Sementara Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH menambahkan, dalam pelaksanaan operasi Zebra tidak saja melibatkan fungsi Lalu Lintas, namun juga melibatkan satuan fungsi lainnya yang ada di Polres maupun Intansi terkait.

”Operasi Zebra ini akan Kita terapkan operasi gabungan terpadu dengan melibatkan beberapa fungsi-fungsi yang ada. Saat dilapangan nanti, Saya minta anggota untuk laksanakan tugas secara humanis dan bersifat edukasi serta hindari perilaku yang dapat menyakiti hati masyarakat”himbau Kabag Ops.

Lat pra ops ini dihadiri Kasat Lantas, Kasubbag Dal Ops Bag Ops, Kasubbag Kerma Bag Ops, Kasiwas serta anggota Brigadir Polres Belu yang terlibat dalam operasi Zebra Turangga 2022.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Turangga ini sendiri, akan dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, mulai tanggal 3 oktober sampai dengan 16 oktober, yang mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan cipta kondisi kamseltibcar lantas jelang perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023.