Berbalut Semangat Nasionalisme, Polres Belu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Berbalut Semangat Nasionalisme, Polres Belu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, kamis, 1 Juni 2024, Kepolisian Resor Belu menggelar Upacara dengan mengambil tempat di lapangan apel Polres Belu.

Upacara yang digelar pukul 07.00 WITA  dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S,I,K yang diawakili Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP dengan Komandan Upacara, Ipda Melkias B.Pandie

Membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi, Wakapolres Belu selaku Inspektur Upacara menuturkan, Hari Lahir Pancasila merupakan hari memperingati Dimana hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. yang mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” Tutur Wakapolres Belu.

Di dalam amanatnya Kepala BPIP RI juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat  bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing  jalan bagi masyarakat Republik Indonesia.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila diikuti  para Kabag, Kasat, Perwira Staf dan Kapolsek jajaran Polres Belu dengan peserta Upacara terdiri dari personil Samapta, Sat Lantas, Reskrim, Intelkam, Staf Polres Belu serta ASN Polri Polres Belu.