Rotasi Jabatan, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief Pimpin Upacara Sertijab Wakapolres, Kasat dan Kapolsek Jajaran

Rotasi Jabatan, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief Pimpin Upacara Sertijab Wakapolres, Kasat dan Kapolsek Jajaran

Berdasarkan surat keputusan Kapolda NTT tanggal 26 agustus 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan lingkungan Polda NTT, jabatan Wakapolres Belu serta sejumlah Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Belu mengalami pergeseran. 

Peralihan dari jabatan lama ke jabatan baru ini ditandai dengan Upacara serah terima jabatan (sertijab) Wakapolres Belu, Kapolsek Raimanuk, Kapolsek Raihat serta penyerahan Jabatan Kasat Binmas yang berlangsung di halaman Mapolres, selasa (17/9/2024).

Upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 wita ini, dipimpin langsung Kapolres Belu, Benny Miniani Arief, S.I.K dengan komandan upacara, Kanit Obvit Polres Belu, IPDA Fernando Tilman Baros dan diikuti anggota Polres Belu dari Bagian dan satuan fungsi.

Upacara Sertijab dan penyerahan jabatan ini ditandai dengan pembacaan SKEP Kapolda NTT tentang Mutasi dilingkungan Polda NTT, dilanjutkan dengan Penanggalan dan Penyematan tanda jabatan.

Selain itu, para Pejabat yang melaksanakan serah terima jabatan, mengambil Sumpah jabatan yang didampingi Rohaniawan kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Pakta Integritas.

Selaku Inspektur Upacara, Kapolres Belu dalam amanatnya singkatnya mengungkapkan,serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan dinamika organisasi dari upaya tubuh Polri untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi.

“Saya ingin menggugah kembali ingatan Kita semua bahwa mutasi merupakan suatu kebutuhan organisasi sehingga dituntut penuh rasa tanggung jawab dan objektif dalam menjalankannya demi terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman dan damai”kata Kapolres Belu.

"Perpindahan sering terjadi dalam organisasi kita terutama rekan-rekan Perwira karena ada peningkatan karir dan regenerasi pimpinan dalam organisasi. Dan pada sisi lainnya, dengan adanya serah terima jabatan ini akan terjadi regenerasi kepemimpinan sehingga muncul ide-ide dan tercipta hal-hal baru,  memberikan gairah dan semangat pembaharuan serta semangat perubahan untuk terus maju"tambah Kapolres Belu.

Masih dalam amanatnya, Kapolres Belu terima kasih kepada pejabat lama dan Bhayangkari yang selama ini mendukung suami dalam menjalankan tugasnya.

"Kepada Kompol Putu dan Ibu, Saya atas nama pribadi mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang Abang dan kakak berikan sebagai Wakapolres dan ibu wakil Ketua Bhayangkari. Semoga lebih sukses kedepan, sehat di tempat tugas yang baru dan sampai jumpa di penugasan berikutnya"tutur Kapolres Belu.

"Dan juga kepada IPTU Marcelo dan Ibu, terima kasih atas pengabdian selama ini di Raihat baik sebagai Kapolsek Raihat dan Ketua Bhayangkari Ranting Raihat. Semoga tugas maupun sumbangsihnya menjadi pembelajaran bagi semua rekan-rekan di Polres Belu terutama rekan-rekan Polsek Raihat. Semoga di tempat tugas yang baru mendapatkan kesehatan

Orang nomor satu di Polres Belu ini juga mengucapkan selamat datang kepada pejabat baru dengan harapan segera beradaptasi dan bekerja secara maksimal di tempat tugas yang baru.

"Kepada Kompol Lorensius, selamat datang di kota sahabat. Selamat bertugas dan segera menyesuaikan sebagai Wakapolres. Ini yang kedua menjabat sebagai Wakapolres jadi tinggal memahami situasi dan ruang lingkup yang baru. Dan juga IPTU Lucky, selamat bergabung di Polres Belu dengan jabatan sebagai kapolsek Raihat. Agar apa yang sudah diperbuat, dititipkan kapolsek yang lama bisa dilanjutkan. Kalaupun ada yang kurang dan perlu di perbaiki silahkan diskusikan dengan Wakapolsek dan anggota di Polsek"tutur Kapolres Belu.

"Begitupun juga IPDA Sahlim, menjadi Kapolsek apa yang Saya sampaikan melanjutkan yang ada segera disikapi dengan baik, dibuktikan, ditunjukan karena dari sini kedepan kita mempunyai tugas yang lebih berat. Pak Ilmudin, selamat atas amanahnya menjadi Kasat Binmas, sebagai garda terdepan bersama rekan-rekan Bhabinkamtibmas. Pengalaman sebagai Kapolsek Raimanuk,menguasai wilayah bisa direalisasikan dengan tugas kedepan"tambahnya.

Upacara yang digelar dilapangan apel Polres Belu dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Kapolsek jajaran, Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny. Lina Benny beserta pengurus Bhayangkari Cabang dan Ranting serta Rohaniawan.

Kegiatan Upacara Sertijab selesai pukul 09.00 wita, dilanjutkan dengan pemberian selamat kepada pejabat baru dan pejabat lama serta acara ramah tamah yang berlangsung di lapangan hitam depan Sat Lantas Polres Belu.

Untuk diketahui, berdasarkan surat keputusan Kapolda NTT tanggal 26 agustus 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan lingkungan Polda NTT berikut sejumlah pejabat utama yang melaksanakan serah terima jabatan antara lain:

1. KOMPOL I Putu Surawan, S.IP jabatan lama Wakapolres Belu, jabatan baru sebagai Wakapolres Sikka

2.KOMPOL Lorensius, S.H.,S.I.K, jabatan lama Wakapolres Sumba Barat, jabatan baru sebagai Wakapolres Belu

3. IPTU Marcelo Da Silva, S.Sos, jabatan lama P.S Kapolsek Raihat, jabatan baru sebagai PS.Kanit 2 Siintelair Subdit Gakkum Ditpolairud Polda NTT

4. IPTU Lucky Febrianto, SH, jabatan lama PS.Wakapolsek Kolbano Polres TTS, jabatan baru sebagai PS.Kapolsek Raihat

5. IPTU Ilmudin, jabatan lama Kapolsek Raimanuk, jabatan baru sebagai PS.Kasat Binmas Polres Belu.

6. IPDA Sahlim, jabatan lama Kaur Bin Ops Sat Lantas Polres Malaka, jabatan baru sebagai Kapolsek Raimanuk.