Ribuan Personil TNI-Polri Sukses Amankan Rangkaian Kunker Presiden RI Ir.H.Joko Widodo di Belu

Ribuan Personil TNI-Polri Sukses Amankan Rangkaian Kunker Presiden RI Ir.H.Joko Widodo di Belu

Ribuan Personil TNI-Polri serta dididukung oleh unsur pengamanan lainnya, sukses melaksanakan pengamanan VVIP kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan rombongan di wilayah Kabupaten Belu, NTT, kamis (24/3/2022).

Pengamanan yang dilaksanakan mulai pagi hingga sore hari, dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M dan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H, yang turun langsung mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Belu.

Lokasi pengamanannya sendiri dipusatkan di Bandara A.A Bere Tallo, Kampus Politeknik Aloysius Benedictus Mboi Universitas Pertahanan (Unhan) RI, kawasan lumbung pangan (food estate) dan Pasar Tradisional Atambua.

Selain itu, pengamanan juga dipusatkan di ruas-ruas jalan yang dilewati Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan rombongan.

Sebelum rombongan Presiden RI tiba siang harinya, seluruh aparat TNI Polri yang terlibat dalam pengamanan, mulai pukul 07.00 wita pagi, melaksanakan apel kesiapan pengamanan di lanjutkan dengan menempati beberapa titik jalan dan lokasi sesuai rute yang akan di lewati dan dikunjungi oleh Presiden RI beserta Rombongan.

Menggunakan tiga buah Helikopter Super Puma TNI AU dengan nomor registrasi H-3204, H-3203 dan H-3206, Presiden RI, Ir.H.Joko Widodo beserta rombongan, tiba di Bandara A.A Bere Tallo sekitar pukul 13.20 wita yang disambut Bupati Belu,dr.Agustinus Taolin,SpPD. KEGH.FINASIM, Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro dan Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto,S.I.K.

Kedatangan Presiden RI didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi, Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat, Kepala Sekretariat Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H, Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI Bapak R. Erlin Suastini, Kepala Sekretariat Presiden RI Bapak Heru Budi dan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden Bapak Bey Triadi Machmudin serta Dokter Pribadi Presiden Kolonel Ckm. dr. Librantoro, SpJP (K) FIHA.

Sekitar pukul 14.20, Presiden RI dan rombongan meninggalkan Bandara A. A Bere Tallo menuju Kampus Politeknik Aloysius Benedictus Mboi Universitas Pertahanan (Unhan) RI, di desa Fatuketi, kecamatan Kakuluk Mesak, kabupaten Belu.

Sesuai agenda kerjanya, Presiden RI melakukan peresmian Kampus Politeknik Aloysius Benedictus Mboi Unhan RI yang ditandai dengan Penandatangan prasasti oleh Presiden yang didampingi Menteri Pertahanan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto,Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Bupati Belu Agustinus Taolin, dan Rektor Universitas Pertahanan Laksdya Amarulla Octavian.

Usai meresmikan Kampus Politeknik Aloysius Benedictus Mboi Universitas Pertahanan, Presiden RI bersama rombongan melanjutkan kegiatan peninjauan penanaman tanaman jagung di kawasan lumbung pangan (Food Estate) Blok C, di desa Fatuketi, kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu.

Dari Food Estate, Presiden RI menutup kunjungan kerjanya dengan mengunjungi Pasar tradisional (pasar baru) Atambua, Kel.Beirafu, Kec. Atambua Barat, Kab. Belu.

Selain melakukan dialog dengan sejumlah pedagang kaki lima, Presiden RI juga membagikan kaos dan paket sembako untuk para pedagang yang berjualan di pasar baru tersebut.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K selaku Kasubsatgas Route pengamanan kunjungan kerja Presiden RI di Belu mengungkapkan, pihaknya dalam hal ini Polres Belu, melibatkan separuh kekuatan atau sebanyak 400 personil yang diterjunkan bersama jajaran TNI, personil BKO Polda NTT, Brimob dan juga unsur pendukung pengamanan lainnya.

"Dalam pengamanan ini, kami turunkan sebanyak 400 personil, yang terdiri dari personil Polres Belu kemudian didukung 1 peleton BKO Polres TTU dan 1 peleton BKO Polres Malaka. Personil yang dilibatkan ini bersinergi dengan unsur pengamanan lainnya melaksanakan pengamanan di Bandara, kampus Unhan, Food Estate, pasar baru dan pengawalan rombongan"terang Kapolres Belu.

"Kemudian juga separuh kekuatan kita fullkan di penggal-penggal jalan yang dilalui bapak Presiden dan rombongan. Puji Tuhan seluruh rangkaian kunjungan kerja dari siang hingga keberangkatan bapak Presiden sore menjelang magrib tadi, berjalan dengan aman dan lancar. Dari Belu, bapak Presiden terbang menuju kupang kemudian malam ini juga melanjutkan perjalanan ke Bali"pungkas Kapolres Belu.