Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, Kapolres Belu Hadiri Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan Seroja

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, Kapolres Belu Hadiri Upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan Seroja

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K bersama Sejumlah Pejabat Utama Polres dan Bhayangkari, menghadiri Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 yang digelar di Taman Makam Pahlawan Seroja, Kelurahan Manumutin, Atambua, jumat (10/11/2023).

Upacara peringatan Hari Pahlawan pagi tadi pukul 08.00 wita, dpimpin Wakil Bupati Belu, Dr. Drs Aloysius Haleserens, MM dengan komandan upacara, Letda Kav Wismoady Irving Boba, S. Tr. Ram.

Upacara Ziarah rombongan diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara dan diikuti seluruh peserta upacara.

Rangkaian upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Sertu Riky Arlo Ataupah dan pesan-pesan pahlawan nasional oleh Serka Arianto Tuan, Sertu Cipriano Ramos Do Rego dan PNS Imelda Pegy Simataw.

Menyampaikan amanat tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, Wakil Bupati Belu mengatakan, peringatan  Hari Pahlawan merupakan hari yang sangat bermakna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Hari Pahlawan tahun ini diperingati dengan mengusung tema 'Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan'.  Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata, mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral," ungkap Wakil Bupati Belu.

Wakil Bupati Belu menambahkan, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

"Ancaman dan tantangan ini akan ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan,"kata Wakil Bupati Belu.

"Untuk itu, Saya mengajak semua generasi yang ada sekarang untuk terus melanjutkan perjuangan bangsa, dengan segala bekal yang sudah diberikan, terutama Pendidikan dan ilmu yang bisa didapat dengan bebas untuk meneruskan pembangunan bangsa"ujar Menteri Sosial Ri dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Bupati Belu.

Selepas upacara, Kapolres Belu beserta Wakil Bupati Belu dan jajaran pemerintah daerah serta Forkopimnda Plis Belu yang hadir, melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Seroja Atambua.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak , S.I.K mengungkapkan, tujuan kegiatan upacara ziarah ini adalah untuk mengirim doa dan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan pendahulu terdahulu.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mengenang dan meresapi jasa para Pahlawan Bangsa dan mengingat semangat patriotisme yang telah ditunjukan oleh para pendahulu.

"Menghormati jasa para pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan adalah kewajiban bersama sebagai penerus. Seyogyanyalah sebagai penerus Bangsa kita wajib mengingat, mengenang dan meneruskan apa yang mereka cita-citakan" kata Kapolres Belu.

"Dan di momen hari Pahlawan ini, kita berdoa bersama semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya," tambah Kapolres Belu.

Hadir dalam upacara ziarah rombongan pagi tadi antara lain Ketua DPRD Belu beserta Wakil Ketua dan Anggota DPRD Belu, Dandim 1605/Belu, Kepala Kejaksaan Negeri Belu, Ketua Pengadilan Negeri kls 1b Atambua, Sekretaris Daerah Kab Belu, Danyon RK 744/SYB serta Dansatgas Pamtas Ri-RDTL.

Turut hadir Ketua Pengadilan Agama Atambua, Agen Consulado Democratica de Timor leste, Danki Kavleri, Danki 3 Batalyon A Pelopor Belu, Para Asisten Setda Belu & Staf Ahli, Para Pimpinan OPD Se-Kabupaten Belu, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD dan Rumah Sakit, Para Camat, Lurah, Perwira TNI & POLRI, Purnawirawan TNI & Polri serta Legion Veteran RI.

Sementara peserta upacara terdiri dari pasukan Kodim 1605 Belu, Yon RK 744/SYB, satgas Pamtas RI - RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY, Posal Atapupu, Dalmas Polres Belu, Kompi Kavaleri Atambua, Sat Pol PP, gabungan ASN lingkup Pemkab Belu, FKPPI, FKPTT serta Mahasiswa dan barisan pelajar sekolah kabupaten Belu.