Patroli di Kantor KPU, Satgas OMB Polres Belu dan Brimob Monitoring Kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Patroli di Kantor KPU, Satgas OMB Polres Belu dan Brimob Monitoring Kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Guna mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas di masa kampanye pemilu, Personel Satgas Operasi Mantap Brata Turangga (OMB) 2023-2024 Polres Belu, kembali menggelar patroli dialogis di wilayah kota Atambua, sabtu (23/12/2023).

Sebelum pelaksanaan patroli, Personel Satgas OMB melaksanakan apel kesiapan di lapangan apel Mapolres pukul 09.00 wita yang dipimpin Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH selaku Karendal Opsres dan dihadiri para Kasatgas serta personel dari Satgas Preventif, Preemtif, Gakkum, Humas serta Satgas Ban Ops.

Usai apel kesiapan sekitar pukul 10.00 wita, Personel OMB melalui Satgas Preventif dipimpin Kaur Bin Ops Samapta selaku Wakasatgas Preventif, IPDA Asep Ruspendi, melaksanakan patroli gabungan bersama Kompi 3 Yon A Pelopor Belu dengan menyisir sejumlah obyek vital, kantor penyelenggara dan pengawas Pemilu serta sejumlah tempat yang dianggap rawan kamtibmas.

Dalam pelaksanaan patroli tersebut, personel gabungan OMB dan Brimob ikut memantau jalannya kegiatan simulasi Pencoblosan, Perhitungan dan Rekapitulasi tingkat KPPS di kantor KPUD Belu.

Kapolres Belu AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K menyampaikan, kegiatan patroli setiap saat digelar untuk menghadirkan polisi di tengah masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan keamanan khususnya ditengah gelaran Pemilu 2023-2024.

"Kegiatan patroli dialogis ini sifatnya preventif (Pencegahan) dan preemtif (imbauan) yang bertujuan mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu. Demi menjamin situasi terus kondusif, setiap harinya anggota kita turun patroli menyisir kota Atambua dan kantor penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu dan juga gudang KPU"ungkap Kapolres Belu.

"Untuk situasi di kantor KPU, Bawaslu dan gudang logistik KPU sampai saat ini dalam keadaan aman. Tadi anggota juga sempat memonitoring kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dan kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar. Anggota kita juga berpesan kepada petugas yang jaga disana,Kalau ada permasalahan yang menonjol kaitan dengan keamanan, segera laporkan sehingga dari Polres bisa secepat mungkin memback up sehingga maslah yang munucl tidak membesar, bisa segera Kita atasi sesuai prosedur hukum yang berlaku"pungkas Kapolres Belu.