Pastikan Kesiapan Pengamanan Pleno Kabupaten, Kapolda NTT Kunjungi Polres Belu dan kantor KPUD Belu

Pastikan Kesiapan Pengamanan Pleno Kabupaten, Kapolda NTT Kunjungi Polres Belu dan kantor KPUD Belu

Menjelang dilaksanakannya rapat pleno terbuka penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., bersama rombongan pejabat utama, meninjau langsung persiapan pengamanan rapat pleno di wilayah Kabupaten Belu, Selasa (15/12/2020).

Tiba dari kabupaten Malaka sekitar pukul 15.30 wita, Kapolda NTT langsung menuju ke Polres Belu dan melangsungkan tatap muka dengan Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, Pamatwil Polda NTT serta seluruh pejabat utama Polres.

Dalam arahannya sore tadi, Kapolda NTT mengapresiasi kinerja Kapolres Belu beserta jajarannya yang telah melaksanakan tugas pengamanan Pilkada dengan baik dan jauh dari potensi konflik.

Namun demikian, dirinya mengimbau jajaran Polres Belu untuk tetap berkonsentrasi penuh di sisa tahapan Pilkada tahun 2020 agar tidak memunculkan gangguan kamtibmas sekecil apapun.

"Apresiasi kepada bapak Kapolres serta seluruh perwira sekalian baik itu di polres maupun di Polsek. Ini adalah hasil yang cukup baik dan membanggakan sejauh ini tidak ada konflik. Kita tahu di Belu ini Head to head seperti di Malaka sehingga kita perlu mengantisipasi semua resiko dan kemungkinan yang akan terjadi"Kata Kapolda NTT.

"Untuk itu Saya berharap kepada anggota sekalian untuk menjaga stamina, menjaga kesehatan dan netralitas. Biarkan proses demokrasi berjalan dengan baik karena tugas kita hanya menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, tidak terjadi hal-hal yang sifatnya anarkis atau bahkan memecah belah persatuan kemudian mengganggu toleransi dan persaudaraan khususnya bagi Masyarakat Belu"tegas Kapolda NTT.

Berkaitan dengan pelaksanaan pengamanan pleno, rabu (16/12/2020) besok, Jenderal Bintang Dua ini menekankan kepada jajaran Polres Belu, untuk melaksanakan tugas sesuai SOP dan mengutamakan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Saat pleno besok, agar betul betul di filter orang yang akan masuk, silahkan diatur sesuai dengan pertimbangan situasi keamana, semua dibawah kendali Komando Kapolres bersama Dandim. Penggunaan pasukan agar efektif dan efisien, begitupun penggunaan alat Alat kepolisian agar sesuai dengan SOP dan segala ketentuan yang berlaku"kata Kapolda NTT.

"Protokol kesehatan juga harus betul di terapkan dan kedepankan cara persuasif dan humanis saat menghadapi masyarakat. Proses masih panjang, harapan saya besok Tuhan membukakan hati bagi siapa pun yang kalah menerima hasil ini demi rakyat Belu, untuk keamanan dan kerukunan persataun dengan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan semua pihak"harap Kapolda NTT.

Usai memberikan arahan, Kapolda NTT bersama rombongan didampingi Kapolres Belu, Pamatwil Polda NTT dan sejumlah pejabat utama Polres, melanjutkan kunjungan kerjanya dengan mengunjungi kantor KPUD Belu di jalan Eltari Atambua.

Selain memastikan kesiapan anggota Polri dalam pengamanan, Kapolda NTT juga memastikan kesiapan KPU Kabupaten Belu dalam pelaksanaan Pleno Tingkat Kabupaten Belu dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu Tahun 2020.

Dalam kegiatan monitoring kewilayahan ini, Kapolda NTT didampingi Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto, S.I.K., Kabidpropam Polda NTT, Kombes Pol. Agus Suryato, S., Kabiddokkes Polda NTT, Kombes Pol. Dr. Sudaryono, Kaden A Pelopor Satuan Brimob Polda NTT Kompol Dennis Y. N. Leihitu, S.H dan Koorspripim Polda NTT Kompol  Warsono, S.H., S.I.K., M.H.