Membanggakan, Bripka Nasrul Anggota Polres Belu Terima Pin Emas dari Kapolri Berkat Kegigihannya Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

Membanggakan, Bripka Nasrul Anggota Polres Belu Terima Pin Emas dari Kapolri Berkat Kegigihannya Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

Bripka Nasrul Ikhwan Ninong yang kesehariannya bertugas sebagai Kanit Samapta Polsek Lasiolat Resor Belu, memberikan inspirasi tersendiri bagi masyarakat di perbatasan RI-RDTL (Timor Leste), khususnya petani ladang di desa Maneikun, kecamatan Lasiolat, kabupaten Belu.

Di luar tanggungjawabnya sebagai Anggota Polri, pria kelahiran 22 April 1985 di kota Bajawa, kabupaten Ngada NTT ini, memanfaatkan lahan tidur menjadi perkebunan tomat serta tanaman komoditi lainnya.

Diatas lahan seluas kurang lebih setengah hektare milik salah satu petani desa Maneikun, dikembangkan sekitar tujuh ratus tanaman tomat khas Lahurus yang diketahui merupakan satu-satunya jenis tomat yang memiliki buah besar dan langka yang hanya bisa tumbuh di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Lasioat.

Atas kegigihannya menyulap lahan tidur menjadi lahan produktif, Bripka Nasrul mendapatkan Pin Emas dari Pimpinan Polri, Kapolri Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam acara Rakorbin SDM dan PNS Polri TA 2023, di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, selasa (10/7/2023).

Pin Emas Kapolri, disematkan langsung oleh Kapolri, Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang didampingi As SDM Kapolri, Irjen Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, M.M dan dihadiri pula Pejabat Utama Mabes Polri.

Atas penghargaan tersebut, Bripka Nasrul yang ditemani Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K, M.Si saat menerima penghargaan tersebut mengaku terharu dan tidak menyangka kalau dedikasinya di wilayah perbatasan mendapat penghargaan dari pimpinan tertinggi Polri.

"Terus terang Saya tidak menyangka mendapatkan penghargaan Pin emas dari Bapak Kapolri. Minggu lalu Saya dikabari bapak Kapolres Belu agar Saya mempersiapkan diri ke jakarta untuk menerima penghargaan Pin Emas dari Kapolri"ungkap Bripka Nasrul.

Dirinya menambahkan, apa yang dilakukannya selama ini semata-mata untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar berkebun secara serius dan tekun agar hasilnya tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga.

"Sangat luar biasa dan seperti mimpi bahwa apa yang Saya lakukan untuk masyarakat mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Bapak Kapolri. Jujur, apa yang Saya lakukan di bidang pertanian ini berawal dari Saya melihat potensi di wilayah Lasiolat dimana banyak lahan kosong atau lahan tidur serta air berlimpah yang cocok untuk bertani ladang atau kebun"ungkap Bripka Nasrul.

"Dari situ Saya bekerja sama dengan pemilik lahan mengolah lahan tidur dengan menanam Tomat Lahurus dan tanaman komoditi lain seperti lombok dan jenis sayur mayur. Alhamdulillah, usaha yang Saya lakukan bersama pemilik lahan ditahun pertama tepatnya tahun 2022 kemarin, hasilnya cukup bagus dimana tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga."ungkap Bripka Nasrul.

Untuk diketahui, Bripka Nasrul juga selalu memanfaatkan kebersamaannya saat bersama warga mengolah lahan untuk menyampaikan pesan Kamtibmas guna menekan angka kriminalitas.

Bripka Nasrul juga memiliki mimpi agar warga disibukkan dengan berbagai aktivitas positif sehingga mengurangi tindak pidana.

Disisi lain, dengan memanfaatkan lahan yang ada dengan aneka tanaman maka pendapatan masyarakat pun meningkat dan tingkat kesejahteraan masyarakat pun mengalami peningkatan.

"Harapan Saya kalau hasilnya bagus, masyarakat tentu lebih termotivasi untuk berkebun secara serius dan tekun agar hasilnya tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga"ungkap Bripka Nasrul.

“Selain mengajarkan warga memanfaatkan lahan tidur dengan tanaman produktif, kesempatan berada ditengah warga, saya manfaatkan untuk menyampaikan pesan Kamtibmas agar warga tidak melakukan tindakan kriminal” ujar Bripka Nasrul.