Mantapkan Kesiapan Pengamanan Paskah, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Semana Santa 2023

Mantapkan Kesiapan Pengamanan Paskah, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Semana Santa 2023

Setelah jumat (31/3/2023) kemarin menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, Kepolisian Resor Belu pada senin (3/4/2023) pagi pukul 08.30 wita, menggelar latihan pra operasi Semana Santa Turangga 2023.

Tujuan Latihan Pra Operasi ini kata Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, sebagai penyamaan persepsi, cara bertindak serta mengevaluasi pelaksanaan operasi sebelumnya.

Untuk itu, Wakapolres Belu mengimbau semua anggota yang terlibat dalam operasi, agar serius mengikuti latihan agar tidak keliru dalam bertindak dilapangan.

""Kita akan diperhadapkan suatu operasi dalam rangka memberikan keamanan, kenyamanan dan kelancaran ibadah Paskah tahun ini. Berkaitan dengan operasi Semana Santa ini, yang paling penting adalah kita melakukan analisa dan evaluasi kekurangan dan kelebihan dari tahun lalu"ungkap Wakapolres Belu.

"Untuk itu dimohon kepada rekan-rekan instruktur dalam hal ini, Kasat Intel, Kasat Lantas. Kasat Reskrim dan Kasat Samapta ,dalam hal memberikan materi tolong di tegaskan lagi khususnya teknis dan cara bertindak saat melaksanakan pengamanan di gereja-gereja. Berikan teori-teori yang nyata sehingga anggota tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas."pungkas Wakapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, mantan Wakapolres Sikka ini mengimbau seluruh anggota, untuk betul-betul melaksanakan operasi dengan sebaik-baiknya sehingga perayaan ibadah Paskah dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar.

"Dalam pengamanan di gereja nantinya, rekan-rekan untuk bersinergi secara baik dengan instansi terkait dan pihak Gereja. sebagai langkah kita memberikan rasa aman kepada para umat yang melaksanakan ibadah. Mulai hari ini Saya minta rekan-rekan khususnya Bhabinkamtibmas agar mengaktifkan sambang ke masyarakat dan berikan imbauan kamtibmas"pinta Wakapolres Belu.

"Sampaikan ke masyarakat untuk mewaspadai aksi pencurian Karena setiap kejahatan tentu berawal dari niat dan kesempatan. Bila hendak meninggalkan rumah untuk beribadah, pastikan pintu rumah dan jendela sudah terkunci dan biasakan menyimpan barang-barang berharga ditempat yang aman"lanjut Wakapolres Belu.

Kegiatan Lat Pra ops ini diisi dengan paparan dari Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH yang menyampaikan tentang rencana operasi dan peran dari tiap-tiap satgas operasi.

Selain Kabag Ops, paparan lainnya menyangkut kesiapan operasi ini juga disampaikan oleh Kasat Binmas, Kasat Samapta, KBO Lantas serta Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Belu.