Malam Takbiran di Tapal Batas, Kapolres Belu Bersama Wakil Bupati dan Ketua MUI Jalan Kaki Pimpin Rombongan Pawai Obor

Malam Takbiran di Tapal Batas, Kapolres Belu Bersama Wakil Bupati dan Ketua MUI Jalan Kaki Pimpin Rombongan Pawai Obor

Menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Ratusan Umat Islam di Kota Atambua, Kabupaten Belu menggelar pawai obor, jumat (21/4/2023).

Pelaksanaan Pawai obor di wilayah tapal batas RI-Timor Leste ini berlangsung usai sholat Isya sekitar pukul 19.50 wita, dengan titik kumpul di depan Mesjid Al-Mujahiddin Atambua.

Peserta Pawai dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Belu Drs Aloysius Haleserens MM, yang didampingi Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak S.I.K, Dandim 1605 Belu, Letkol Arh. Suhardi., ST, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua Bpk Samiaji Zakaria SH.MH serta Ketua MUI Kabupaten Belu sekaligus sebagai Ketua PHBI, Abdullah Belajam S.Pd.

Hadir juga Kaban Kesbangpol Kab Belu, Ketua Pengadilan Agama Atambua, Danki Kikav KKA, Romo Dr Januarius Seran Pr, Para Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pastoral (Stipas) TTU, Osis Semenari Lalian Nenuk Kab Belu serta Para Imam Masjid Se Kabupaten Belu.

Usai melepas pawai obor, Kapolres Belu bersama Wakil Bupati, Dandim 1605 Belu dan juga Ketua MUI kabupaten Belu, langsung memimpin rombongan pawai dengan ikut berjalan kaki bersama peserta pawai dengan mengitari kota Atambua sesuai dengan route yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dari depan mesjid Al-Mujahiddin, peserta pawai belok kanan menuju Telkom, Dunia Ria, Apotik Suber Sehat, Gereja Policarpus, Angkasa Ria dan kemudian belok kanan menuju pasar baru.

Sampai di simpang 3 pos polisi pasar baru, peserta pawai obor lalu belok kanan menuju cabang swalayan Timor Angkasa lalu bergerak lurus menuju persimpangan rumah jabatan Bupati Belu.

Dari persimpangan rumah jabatan Bupati, peserta pawai obor belok kanan ke arah PLN, lurus menuju simpang mangga dua dan finish kembali di Masjid Al-Mujahiddin.

Dalam pawai tersebut, terdapat juga iring-iringan mobil serta sepeda motor yang ikut serta meramaikan pawai obor.

Pelaksanaan pawai obor dari titik star hingga finish dikawal ketat personel Sat Lantas dan Samapta Polres Belu.

Titik-titik/ruas jalan yang dilintasi peserta pawai obor diisi oleh anggota Polres Belu yang didukung personel TNI Kodim 1605 Belu, Sat Pol PP serta organisasi Pemuda Lintas Agama.

"Malam ini kita tandai kebersamaan menyambut Idul Fitri dengan pawai obor bersama-sama dengan jarak tempuh kira-kira 5 kilometer. Mungkin ada sekitar 700-an orang, kita kawal bersama Wakil Bupati dan Forkopimda,"kata Kapolres Belu.

"Puji Tuhan secara keseluruhan pelaksanaan pawai obor berjalan dengan tertib dan lancar. Pengawalan dilakukan oleh Aparat kepolisian bersama rekan-rekan dari Kodim, Sat Pol PP serta sejumlah pihak terkait lainnya"pungkas Kapolres Belu.