Logistik Pemilu 2024 Tiba, Satgas Ops Mantap Brata Polres Belu Tingkatkan Patroli ke Kantor KPU dan Gudang Logistik KPU

Logistik Pemilu 2024 Tiba, Satgas Ops Mantap Brata Polres Belu Tingkatkan Patroli ke Kantor KPU dan Gudang Logistik KPU

Guna mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas di masa pemilu 2023-2024, personel Satgas Operasi Mantap Brata Turangga Polres Belu, kembali menggelar patroli dialogis wilayah kota Atambua, senin (30/10/2023).

Dalam pelaksanaan patroli tersebut, anggota Ops Mantap Brata (OMB) melalui Satgas Preemtif (Intelkam) dan Preventif (Samapta), menyisir sejumlah obyek vital, kantor KPU, kantor Bawaslu serta sejumlah tempat yang dianggap rawan kamtibmas.

Selain itu, anggota satgas OMB Polres Belu juga melakukan pengecekan ke Gudang Logistik KPU Kabupaten Belu yang berlokasi di jalan Piere Tandean, Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu.

Dari pantauan di Gudang Logistik KPU, anggota kepolisian menemukan terdapat logisitk pemilu berupa 12664 bilik suara pemilu 2024 dan 6 unit cadangan tersimpan di gudang tersebut.

Logistik pemilu tersebut diketahui tiba di gudang logistik KPU Belu pada senin (30/10/2023) pukul 10.00 wita menggunakan 1 unit Mobil Jenis Light Truck Kuning dengan no.pol : DH 9688 AC.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Samapta, AKP Anselmus Perayang dan Kasat Intelkam Polres Belu, IPTU Imanuel Lado, ST yang memimpin pelaksanaan patroli, mengimbau pihak keamanan KPU untuk melaksanakan tugas sebaik - baiknya mengingat di dalam gudang sudah tersimpan logistik pemilu (Bilik Suara).

Selain itu, anggota kepolsiian juga menyampaikan kepada Pihak KPU untuk membuat surat  permohanan bantuan pengamanan dalam mengamankan Kantor KPU dan Gudang Logistik KPU Belu.

Hal ini bertujuan untuk memastikan sinergi yang optimal dalam menjaga keamanan dan diharapkan semua persiapan dapat berjalan lancar sekaligus memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap proses demokrasi,

Terpisah, Kapolres Belu AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K mengungkapkan, kegiatan patroli setiap saat digelar untuk menghadirkan polisi di tengah masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan keamanan khususnya ditengah gelaran Pemilu 2023-2024.

"Kegiatan patroli dialogis ini sifatnya preventif (Pencegahan) dan preemtif (imbauan) yang bertujuan mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu. Demi menjamin situasi terus kondusif, setiap harinya anggota kita turun patroli menyisir kota Atambua dan kantor penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu dan juga gudang KPU"ungkap Kapolres Belu.

"Untuk situasi di kantor KPU dan Bawaslu sampai saat ini dalam keadaan aman. Kaitan dengan logistik Pemilu yang sudah tiba, tentunya kami dari Kepolisian sesuai dengan SOP yang sudah ada, akan segera menempatkan personel pengamanan selama 1x24 jam di kantor KPU, Bawaslu dan gudang logistik KPU. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan Pemilu"pungkas Kapolres Belu.