Kesiapan Jelang Pilkada 2020, Polres Belu Gelar Tactical Floor Game Sispam Kota

Kesiapan Jelang Pilkada 2020, Polres Belu Gelar Tactical Floor Game Sispam Kota

Dalam rangka kesiapan menghadapi pengamanan Pilkada serentak 2020, Kepolisian Resor Belu melaksanakan latihan sistim pengamanan kota (Sispam Kota) melalui tactical floor game (TFG) yang digelar di aula Wira Satya lantai 2 mapolres, kamis (8/10/2020).

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WITA, dihadiri Karo Log Polda NTT, Kombes Pol. Yayat Jatnika Atkawijaya selaku Pamatwil Polda NTT, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, Dandim 1605 Belu, Letkol Inf.Wiji Untoro, Kasubdit V Dit Intelkam Polda NTT (Wakil Pamatwil), KOMPOL I Ketut Perten, para PJU Polres, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Danki Brimob Den A Pelopor Atambua serta para Kapolsek jajaran.

Dalam pelatihan TFG tersebut, dilakukan semua skenario tentang setiap tahapan Pilkada 2020, mulai dari situasi aman, hingga pelatihan sistem pengamanan kota (sispamkota) saat terjadi situasi kontijensi seperti unjuk rasa dan kerusuhan hingga situasi dapat dikendalikan.

Simulasi sispam kota juga menampilkan sinergitas Polres Belu dengan personel TNI dan Brimob Den A Pelopor Atambua dalam mengendalikan situasi akibat unjuk rasa yang dilakukan oleh massa pendukung calon Bupati, yang tidak puas menerima hasil Pilkada 2020.

Kepada awak media yang hadir, Kapolres Belu mengungkapkan, pelatihan TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan gambaran, strategi dan langkah yang harus dilakukan dalam kondisi aman maupun apabila terjadi situasi kontijensi terhadap kondusifitas Kamtibmas dalam pengamanan Pilkada nantinya.

"Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang pergerakan dan tugas dari masing-masing personil serta bagaimana kordinasi antar Pimpinan dan antar instansi ketika terjadi gejolak kamtibmas dilapangan"kata Kapolres Belu.

“Dan dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan ini, diharapkan seluruh personel mengerti dan tahu bagaimana harus bertindak nantinya. Walaupun kita semua berharap situasi wilayah Kabupaten Belu dalam Pilkada 2020 selalu aman dan kondusif,” ucapnya.