Kerahkan 200 Personel, Kapolres Belu Pimpin Langsung Pengamanan Pendaftaran Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2024

Kerahkan 200 Personel, Kapolres Belu Pimpin Langsung Pengamanan Pendaftaran Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2024

Tahapan Pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu, mulai dibuka selasa (27/8/2024).

Untuk menjaga kondusifitas kegiatan tersebut, Kepolisian Resor Belu menerjunkan ratusan personilnya yang akan bersinergi dengan instansi terkait, mengamankan jalannnya kegiatan pendaftaran paslon selama 3 hari yakni dari tanggal 27 s/d 29 agustus 2024.

Pengamanan hari pertama pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati ditandai dengan apel kesiapan yang dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K, selasa (27/8/2024). pukul 08.00 WITA di lapangan Mapolres Belu.

Apel kesiapan pengamanan ini dihadiri Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Kapolsek jajaran serta personel Polres dan Polsek jajaran yang terlibat dalam pengamanan.

Dalam arahannya,Kapolres Belu mengimbau kepada anggota yang terlibat pengamanan agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar pelaksanaan pendaftaran di kantor KPU Belu, berjalan dengan kondusif.

“Hari ini, Kita amankan pendaftaran bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati dari Paket ROMAN dan Saya Minta rekan-rekan laksanakan tugas ini dengan penuh ikhlas, profesional dan bekerja sesuai SOP yang sudah disampaikan sebelumnya” jelas Kapolres Belu.

"Rekan-rekan Perwira yang menjadi penanggung jawab di setiap sektor, harus bisa kendalikan anggotanya. Ada hal-hal menonjol, segera kordinasi dengan rekan-rekan dari instansi lain dan segera laporkan ke Saya"lpungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu menghimbau anggota untuk tidak menjadi pemicu permasalahan tapi sebaliknya harus memberikan rasa aman untuk Paslon serta pendukung yang datang mendaftar di kantor KPU Belu.

"Saya minta rekan-rekan dilapangan, selalu fokus d titik pengamanan sehingga pengamanan pendaftaran hari ini dan 2 hari kedepan bisa berjalan dengan aman dan lancar"pinta Kapolres Belu.

"Dan tentu ribuan massa pendukung hadir hari ini jadi jangan Kita menjadi pemicu permasalahan dilapangan. Ada masyarakat yang kurang mengikuti aturan, Kita berikan imbauan dengan humanis. Tidak boleh ada yang bertindak di luar SOP dan tidak underestimate dengan situasi yang ada"pungkas Kapolres Belu.

Usai melaksanakan apel kesiapan pengamanan, ratusan personel Polres Belu dipimpin Kapolres Belu, langsung bergerak menuju Gereja Katedral dan lapangan umum Atambua sebagai titik kumpul sekaligus tempat deklarasi dari pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu, Hironimus Mau Luma dan Theodorus Frederikus Seran Tefa Manek.

Selain itu, anggota kepolisian yang terlibat dalam operasi Mantap Praja Turangga 2024 ini, juga melaksanakan pengawalan paslon dengan tagline ROMAN beserta ribuan massa pendukungnya, yang bergerak dari lapangan umum menuju kantor KPUD Belu.

Tidak hanya melakukan pengawalan, anggota kepolisian juga mengisi setiap persimpangan jalan yang dilalui Paslon ROMAN dan ribuan massa sebagai langkah meminimalisir ganguuan kamtibmas sekaligus mencegah kemacetan arus lalu lintas.

Setelah bakal paslon dan massa pendukung tiba di depan Kantor KPU, sejumlah personel Polres Belu yang berjaga-jaga di pintu masuk kantor KPU melakukan pemeriksaan terhadap Paslon Bupati dan perwakilan pendukung yang akan melakukan proses pendaftaran.

"Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan pendaftaran bakal calon bupati dan Wakil Bupati dari paket ROMAN berjalan aman dan lancar. Massa yang hadir dari sejumlah kecamatan datang maupun kembali dalam keadaan aman dan tertib dimana pergerakan massa di kawal langsung oleh anggota kita yang bertugas di Polsek"ungkap Kapolres Belu.

"Pergerakan Paslon dan ribuan masa pendukung mulai dari beribadah di Gereja Katedral kemudian deklarasi di lapangan umum hingga sampai di KPU, secara umum berjalan dan lancar. Harapan kami di 2 hari kedepan juga berjalan dengan lancar seperti hari ini"pungkas Kapolres Belu.